Kompas TV regional berita daerah

Kulit Buah Naga Disulap Jadi Tepung untuk Bahan Roti dan Smoothies

Kompas.tv - 17 September 2021, 11:08 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA, KOMPAS.TV - Kulit buah naga biasanya dibuang begitu saja, namun di tangan seorang pemuda di Kota Surabaya Jawa Timur, kulit buah naga disulap menjadi tepung. Olahan tepung buah naga itu dapat dimanfaatkan menjadi roti dan minuman sehat smoothies.

Adalah Robi Brilianto, warga Kota Surabaya Jawa Timur, yang sukses mengolah limbah kulit buah naga menjadi tepung. Alumni sekolah Ottimo International itu memang memiliki segudang pengalaman di dunia kuliner.

Baca Juga: Menikmati Suasana Kafe di Tengah Kebun Agrowisata Buah Naga

Cara membuat tepung buah naga cukup mudah. Potong kecil-kecil kulit buah naga, lalu cuci dengan air bersih dan rebus dengan air mendidih.

Setelah layu, keringkan kulit buah naga dengan alat pengering hingga kadar airnya menghilang. Lalu haluskan kulit dengan blender hingga menjadi bubuk tepung yang siap dikonsumsi.

Tepung buah naga bisa digunakan untuk pembuatan roti. Bahkan jika dicampur air, tepung kulit buah naga bisa menjadi olahan minuman kesehatan, yakni smoothies dan jus.

Baca Juga: Segar, Minuman Ini Dibuat Dari Kulit Buah Naga

Robi Briliantino mempercayai tepung kulit buah naga baik untuk kesehatan, karena kulit buah naga banyak mengandung serat dan baik untuk tubuh.

Tepung kulit buah naga dipercaya dapat melunturkan zat karsinogen, yakni zat pemicu kanker yang ada dalam tubuh manusia.

Tepung kulit buah naga juga diklaim rendah gula, sehingga cocok dikonsumsi oleh siapa saja, terutama penderita diabetes.

 

#KulitBuahNaga #TepungRoti #Smoothies



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x