Kompas TV regional berita daerah

Wisata Batu Purba di Lereng Gunung Argopuro, Jadi Jujukan Wisata Edukasi

Kompas.tv - 17 September 2021, 11:07 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Selain menyimpan keindahan wisata air terjun, lereng pegunungan argopuro di Jember Jawa Timur juga memiliki wisata edukasi situs duplang. Wisata itu menyajikan batu purba peninggalan zaman pra sejarah.

Untuk bisa tiba di lokasi wisata batu purba, pengunjung bisa menggunakan jasa angkutan kota dan pedesaan yang juga difungsikan menjadi angkutan wisata oleh pemerintah setempat.

Baca Juga: Penemuan Situs Purbakala di Lereng Gunung Bromo, Diduga Peninggalan Kerajaan Singosari

Wisata batu purba itu dikenal dengan nama Situs Menhir Duplang, yang berada di lereng pegunungan hyang argopuro, tepatnya di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember.

Di tempat itu terdapat ratusan batu purba dengan berbagai ukuran dan bentuk yang unik, seperti batu kenong tunggal dan kenong kembar, batu dolmen dan batu menhir. Pengunjung akan dipandu petugas untuk memahami fungsi batu purba tersebut.

Di zaman pra sejarah, batu kenong diketahui berfungsi sebagai tempat pemujaan leluhur, batu dolmen berfungsi sebagai kubur batu manusia purba, batu menhir berfungsi sebagai tempat pemujaan roh nenek moyang.

Baca Juga: Wisata Batu Malin Kundang Diduga Tenggelam Akibat Danau Buatan, Ini Kata Pemda

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember, Debora Kresnowati mengatakan bahwa wisata batu purba akan terus dikembangkan sebagai wisata edukasi, yang dapat dijadikan tambahan pengetahuan sejarah oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

Selain tidak dikenakan biaya masuk, pengunjung juga dapat menikmati makanan tradisional, yang dijual warga setempat dengan harga murah.

 

#WisataBatuPurba #GunungArgopuro #SitusDuplang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x