Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Indosat-Tri Merger, Hasilkan Perusahan Telekomunikasi Terbesar Kedua di RI

Jumat, 17 September 2021 | 10:44 WIB
indosat-tri-merger-hasilkan-perusahan-telekomunikasi-terbesar-kedua-di-ri
Ilustrasi: logo Indosat Ooredoo (Sumber: Indosat)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Merger dua operator seluler yaitu Indosat Ooredoo dan Tri (PT Hutchison 3 Indonesia/H3I) akhirnya terlaksana.

Induk usaha Indosat (Ooredoo Group) dan Tri (CK Hutchison Holdings Limited) telah menandatangani kesepakatan transaksi definitif untuk pengajuan penggabungan bisnis telekomunikasi di Indonesia.

Perusahaan hasil merger kemudian akan bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk. Dalam siaran pers ke media, disebutkan tahap akhir merger masih menunggu persetujuan pemegang saham Ooredoo Group, CK Hutchison, dan Indosat Ooredoo, persetujuan regulator, serta berbagai syarat dan ketentuan.

Seluruh tahapan penggabungan kedua perusahaan itu diproyeksi akan selesai pada akhir tahun ini dan menghasilkan perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia.

Pendapatan Indosat Ooredoo Hutchison diperkirakan mencapai 3 miliar dollar AS per tahun atau setara Rp42,9 triliun (kurs Rp14.300).

Manajemen Indosat dan Tri berharap, bergabungnya kedua perusahaan bisa menciptakan sebuah perusahaan telekomunikasi digital dan internet yang lebih besar dan lebih kuat secara komersial.

Baca Juga: Bahlil Tanggung Jawab ke Jokowi Jika OSS Trouble, Sebut Indosat Bukan Perusahaan Kaleng-kaleng

Dimana Indosat Ooredoo Hutchison akan dapat memanfaatkan pengalaman dan keahlian Ooredoo Group dan CK Hutchison dalam hal jaringan, teknologi, produk, dan layanan.

Serta mendapatkan keuntungan atas operasi multinasional Ooredoo Group dan CK Hutchison yang tersebar di pasar Eropa, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Pasifik.

Setelah resmi merger, PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk akan memiliki komposisi pemegang saham sebagai berikut: pemerintah Indonesia 9,6 persen, PT Tiga Telekomunikasi Indonesia 10,8 persen, dan pemegang saham publik lainnya sekitar 14 persen.

Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19