Kompas TV internasional kompas dunia

Kebakaran Hutan California Mengancam Pohon Terbesar di Dunia

Kompas.tv - 17 September 2021, 07:50 WIB
kebakaran-hutan-california-mengancam-pohon-terbesar-di-dunia
Sebuah helikopter bersiap untuk menyiramkan air ke Sequoia National Park di California, Amerika Serikat, Rabu, 15 September 2021. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

CALIFORNIA, KOMPAS.TV — Pohon terbesar di dunia terancam keberadaannya karena kebakaran besar yang terjadi di Sierra Nevada, California, Amerika Serikat (AS), Kamis (16/9/2021).

Petugas pemadam kebakaran membungkus pangkal pohon itu dengan selimut tahan api untuk menyelamatkannya dari amukan api.

Pohon sequoia raksasa ini merupakan jenis general sherman, yang berada di Taman Nasional Sequoia.

“Beberapa pohon sequoia raksasa ini dibungkus untuk melindungi mereka dari api yang besar,” kata juru bicara pemadam kebakaran Rebecca Paterson, seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Tersangka Kebakaran Lapas Tangerang akan Segera Ditentukan Polisi

Mereka membungkus pohon raksasa dengan aluminium tahan panas. Pejabat federal mengatakan mereka telah menggunakan bahan tersebut selama beberapa tahun di seluruh AS untuk melindungi struktur yang sensitif dari api.

Rumah-rumah di dekat Danau Tahoe yang terbungkus bahan pelindung ini selamat dari api, sementara benda lain yang berada di dekatnya telah hancur.

Api yang terus membesar di Taman Nasional Sequoia, diperkirakan akan mencapai hutan pohon raksasa, yang berisikan sekitar 2.000 pohon sequoia.

Tahun lalu, kebakaran serupa telah membakar ribuan pohon sequoia yang berusia ribuan tahun dan tingginya mencapai gedung bertingkat.

Pohon General Sherman merupakan pohon terbesar di dunia berdasarkan volume, menurut National Park Service.

Tingginya bisa mencapai 84 meter dan memiliki keliling 31 meter di permukaan tanah.

Inspektur Taman Nasional Sequoia dan Kings Canyon Clay Jordan menekankan pentingnya melindungi pohon-pohon besar dari kebakaran berintensitas tinggi.

Baca Juga: Histeris! Detik-detik Keluarga Terima Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Pohon Sequoia raksasa sejatinya bisa beradaptasi dengan api. Namun intensitas kebakaran yang terjadi saat ini sangat besar karena dipicu perubahan iklim.

Kekeringan dan gelombang panas yang terjadi telah membuat kebakaran hutan lebih sulit untuk dilawan di AS.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim telah membuat wilayah itu jauh lebih hangat dan kering dalam 30 tahun terakhir dan akan terus membuat cuaca ekstrem dan membuat kebakaran hutan lebih sering terjadi dan lebih merusak.

Kebakaran tersebut membuat Kantor Sheriff di Tulare memperingatkan masyarakat Johnsondale dan Camp Whitsett, untuk siap mengungsi jika diperlukan.



Sumber : Kompas TV/The Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.