Kompas TV nasional berita utama

6 Kapal Perang China Wira-wiri di Laut Natuna Utara, TNI AL: Ada 4 Kapal Kami Siaga!

Kompas.tv - 17 September 2021, 07:25 WIB
6-kapal-perang-china-wira-wiri-di-laut-natuna-utara-tni-al-ada-4-kapal-kami-siaga
Ilustrasi Kapal Perang milik TNI AL. Pihak TNI AL menyiagakan 4 kapal perang di Laut Natuna Utara disaat 6 kapal perang China terlihat di perairan tersebut. (Sumber: KBRI ANKARA)
Penulis : Gading Persada

KEPULAUAN RIAU, KOMPAS.TV- Enam kapal perang China terlihat wira-wiri di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau. Pihak TNI menyebut sudah ada empat kapal milik TNI AL yang bersiaga di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada I TNI Angkatan Laut Letnan Kolonel Laode Muhammad mengatakan ada empat kapal TNI AL yang bersiaga di Natuna.

Kapal-kapal TNI AL Itu antara lain KRI Diponegoro-365, KRI Silas Papare-386, KRI Teuku Umar-385, dan KRI Bontang-907.

Baca Juga: Nelayan Ketakutan Cari Ikan karena Kapal Perang China Mondar-mandir di Laut Natuna

”Yang jelas, kapal kami selalu ada di sana sehingga kalau ada kapal China yang masuk (teritorial RI), kami pasti membayangi,” ujar Laode, kemarin.

Meski begitu, pihaknya belum mendapat laporan mengenai kehadiran enam kapal China yang dilihat nelayan di Laut Natuna Utara itu.

Namun, apabila ada kapal China yang mondar-mandir di ZEE Indonesia, biasanya kapal TNI AL akan membayanginya sembari melakukan komunikasi dengan mereka.

Baca Juga: Detik-Detik 2 Kapal Asing Pencuri Ikan di Laut Natuna Ditangkap, Sempat Berusaha Kabur

Seperti diberitakan Kompas TV sebelumnya, Ketua Aliansi Nelayan Natuna Hendri, menunjukkan sejumlah video yang diambil oleh nelayan pada koordinat 6.17237 Lintang Utara dan 109.01578 Bujur Timur.

Dalam video yang diperlihatkannya itu, terlihat ada enam kapal perang asal China yang berada di perairan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Karena keberadaan kapal perang negara asing yang tengah mondar-mandir itu, sejumlah nelayan di Kepulauan Riau merasa ketakutan.

Peristiwa itu diketahui terjadi di Laut Natuna Utara pada Senin, 13 September 2021. Adapun kapal yang terlihat paling jelas adalah destroyer Kunming-172.

Baca Juga: Detik-Detik KRI STS-375 Selamatkan 27 ABK KM Sinarmas yang Alami Kebakaran di Laut Natuna Utara

”Nelayan merasa takut gara-gara ada mereka di sana, apalagi itu kapal perang," kata Hendri saat dihubungi, Rabu (15/9/2021), dikutip dari Kompas.id.



Sumber : Kompas TV/kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.