Kompas TV internasional kompas dunia

Cari Suaka di Jepang, Lelaki Rusia yang Gemar Doraemon Ini Nekat Renangi Laut selama 23 Jam

Jumat, 17 September 2021 | 06:05 WIB
cari-suaka-di-jepang-lelaki-rusia-yang-gemar-doraemon-ini-nekat-renangi-laut-selama-23-jam
Pulau Kunashiri tampak di kejauhan di latar belakang dilihat dari Pulau Hokkaido, Jepang. Seorang lelaki Rusia bernama Vaas Feniks Nokard nekat merenangi Selat Nemuro di antara kedua pulau demi mencari suaka di negeri matahari terbit itu. (Sumber: Kyodo News via AP)

SHIBETSU, KOMPAS.TV – Aksi lelaki ini sungguh nekat. Demi mencari suaka di Jepang, lelaki Rusia bernama Vaas Feniks Nokard (38) ini rela merenangi laut selama 23 jam.

Melansir Vice pada Rabu (15/9/2021), Nokard berangkat dari Pulau Kunashiri, tempat tinggalnya sejak tahun 2016, pukul 5 pagi bulan lalu.

Mengenakan wetsuit untuk membuat tubuhnya tetap hangat, Nokard membawa pakaian ganti kering dalam tas anti airnya.

Berbekal kompas sebagai alat navigasi, Nokard berenang dan berhasil tiba di Kota Shibetsu di Pulau Hokkaido, Jepang pukul 4 pagi keesokan harinya. Selama 23 jam, ia telah merenangi Selat Nemuro sepanjang 24 kilometer.

“Air Samudera Pasifik sangat dingin. Di malam hari, saya tidak dapat melihat apa pun. Hujan bahkan turun. Saya juga takut kalau-kalau paus pembunuh muncul. Saya terpikir ibu saya dan mungkin saya tak akan pernah melihatnya lagi,” tutur Nokard mengenang perjalanannya pada Asahi Shimbun.

Baca Juga: Sejumlah Fakta Menarik Perenang Yusra Mardini, Pengungsi Suriah yang Berhasil Selamatkan 20 Nyawa

Saat akhirnya tiba di daratan Hokkaido, Nokard beristirahat sejenak sebelum kemudian berganti pakaian.

Saat hendak membeli makanan dan minuman di sebuah toko, ia ditangkap pihak berwenang yang menggiringnya ke biro imigrasi setempat.

Aksi nekat Nokard menempuh perjalanan berbahaya itu memicu spekulasi tentang penyebabnya. Nokard dilaporkan tengah berupaya mencari suaka.

Lelaki asal Izhevsk, kota di Rusia barat ini mengaku muak hidup di bawah pemerintahan totaliter Presiden Vladimir Putin.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

Sumber : Vice/The Moscow Times/Japan Today


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Dampak Gempa, 815 Unit Rumah Rusak

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:41 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19