Kompas TV internasional kompas dunia

Cari Suaka di Jepang, Lelaki Rusia yang Gemar Doraemon Ini Nekat Renangi Laut selama 23 Jam

Kompas.tv - 17 September 2021, 06:05 WIB
cari-suaka-di-jepang-lelaki-rusia-yang-gemar-doraemon-ini-nekat-renangi-laut-selama-23-jam
Pulau Kunashiri tampak di kejauhan di latar belakang dilihat dari Pulau Hokkaido, Jepang. Seorang lelaki Rusia bernama Vaas Feniks Nokard nekat merenangi Selat Nemuro di antara kedua pulau demi mencari suaka di negeri matahari terbit itu. (Sumber: Kyodo News via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

SHIBETSU, KOMPAS.TV – Aksi lelaki ini sungguh nekat. Demi mencari suaka di Jepang, lelaki Rusia bernama Vaas Feniks Nokard (38) ini rela merenangi laut selama 23 jam.

Melansir Vice pada Rabu (15/9/2021), Nokard berangkat dari Pulau Kunashiri, tempat tinggalnya sejak tahun 2016, pukul 5 pagi bulan lalu.

Mengenakan wetsuit untuk membuat tubuhnya tetap hangat, Nokard membawa pakaian ganti kering dalam tas anti airnya.

Berbekal kompas sebagai alat navigasi, Nokard berenang dan berhasil tiba di Kota Shibetsu di Pulau Hokkaido, Jepang pukul 4 pagi keesokan harinya. Selama 23 jam, ia telah merenangi Selat Nemuro sepanjang 24 kilometer.

“Air Samudera Pasifik sangat dingin. Di malam hari, saya tidak dapat melihat apa pun. Hujan bahkan turun. Saya juga takut kalau-kalau paus pembunuh muncul. Saya terpikir ibu saya dan mungkin saya tak akan pernah melihatnya lagi,” tutur Nokard mengenang perjalanannya pada Asahi Shimbun.

Baca Juga: Sejumlah Fakta Menarik Perenang Yusra Mardini, Pengungsi Suriah yang Berhasil Selamatkan 20 Nyawa

Saat akhirnya tiba di daratan Hokkaido, Nokard beristirahat sejenak sebelum kemudian berganti pakaian.

Saat hendak membeli makanan dan minuman di sebuah toko, ia ditangkap pihak berwenang yang menggiringnya ke biro imigrasi setempat.

Aksi nekat Nokard menempuh perjalanan berbahaya itu memicu spekulasi tentang penyebabnya. Nokard dilaporkan tengah berupaya mencari suaka.



Sumber : Vice/The Moscow Times/Japan Today

BERITA LAINNYA



Close Ads x