Kompas TV ayo sehat ayo sehat

Stop Konsumsi 'Susu' Kental Manis untuk Anak dengan Diseduh, Ini Bahayanya

Kompas.tv - 17 September 2021, 05:50 WIB
stop-konsumsi-susu-kental-manis-untuk-anak-dengan-diseduh-ini-bahayanya
Ilustrasi obesitas pada anak (Sumber: Antara/Shutterstock)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi Anda yang putra-putrinya senang mengonsumsi susu kental manis dengan cara diseduh, baiknya kebiasaan ini harus ditinggalkan.  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah melarang 'susu' kental manis (SKM) disajikan dengan cara diseduh dan diminum langsung. 

Mengapa demikian? Karena SKM bukanlah asupan pengganti susu, melainkan hanya sebagai topping atau pelengkap sajian makanan.

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM Rita Endang menyatakan, SKM tidak untuk diseduh atau diminum langsung sebagaimana susu pada umumnya.

Dia menyebut bahwa SKM juga tidak untuk menggantikan ASI dan tidak cocok untuk bayi di bawah satu tahun, serta bukan merupakan sumber gizi.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Makanan yang Bikin Anak Obesitas

Aturan BPOM tentang SKM

BPOM sebelumnya telah menerbitkan peraturan Badan POM Nomor 31 tahun 2018 tentang label pangan olahan. Di dalamnya ditegaskan bahwa penggunaan SKM yang benar adalah sebagai topping.

"Misalnya, untuk martabak, campuran kopi, coklat, dan lain-lain," kata Rita.

Selain itu, produsen, importir, distributor SKM juga dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman. 

Baca Juga: Cegah Obesitas, Jaga Tubuh Tetap Langsing dan Sehat di Tengah Pandemi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.