Kompas TV internasional kompas dunia

Lembah Panjshir Kini Kosong Melompong Usai Taliban Kuasai Hampir Seluruh Provinsi

Kompas.tv - 17 September 2021, 02:35 WIB
lembah-panjshir-kini-kosong-melompong-usai-taliban-kuasai-hampir-seluruh-provinsi
Salah satu kendaraan pengangkut pasukan Taliban hasil rampasan dari pemerintah sebelumnya terlihat hancur usai diserang pasukan perlawanan Panjshir. Kini lembah itu hampir kosong dan tersisa hanya lansia (Sumber: Wakil Kohsar/France24 via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

PANJSHIR, KOMPAS.TV - Pasukan perlawanan terhadap Taliban di Panjshir Afghanistan bersumpah untuk memerangi Taliban sampai orang terakhir. Namun, hampir dua minggu setelah Taliban merayakan kemenangan atas Panjshir, wilayah itu kini tampak kosong dan ditinggalkan.

Di banyak desa, hanya orang tua dan ternak yang tersisa.

Duduk di bawah tenda sebuah toko yang kini tutup, Abdul Ghafoor merenungkan desanya yang kini sepi, berlokasi di sisi bukit berbatu di distrik Khenj.

"Sebelumnya, hampir 100 keluarga tinggal di sini," katanya. "Hanya ada tiga yang tersisa sekarang. Semua orang telah pergi."

Sebagian besar telah melarikan diri ke selatan arah ibu kota Kabul sebelum Taliban menyerbu bulan lalu, katanya.

Lebih jauh ke lembah di Malaspa, di jalur hijau di sepanjang sungai, penduduk desa pernah bertemu untuk berbagi gosip dan berita.

Sekarang hanya seekor keledai dan Khol Mohammad, yang berusia 67 tahun dan pincang, tetap berada di Malaspa dengan beberapa orang tua lainnya.

"Beberapa keluarga tinggal, tetapi sekitar 80 lainnya semua pergi," katanya.

Baca Juga: Taliban Dituduh Blokade Makanan dan Eksekusi Mati Warga Panjshir

Tentara Taliban berjaga dengan senjata berat di Lembah Panjshir setelah berhasil memukul mundur perlawanan dan menguasai hampir seluruh provinsi (Sumber: Wakil Kohsar/France24 via AFP)

Ini adalah cerita yang sama di desa demi desa yang dikunjungi AFP, seperti yang dilansir France 24, Kamis (17/09/2021) saat melakukan perjalanan melalui tiga dari tujuh kabupaten yang terkena dampak paling parah di provinsi itu.

Tidak ada yang tersisa. Beberapa toko atau kios, terutama toko roti, masih buka tetapi pasar yang biasanya ramai dengan pedagang dan pelanggan, kini kebanyakan kosong.

“Tidak ada yang tersisa, kecuali orang tua, dan orang miskin yang tidak mampu untuk pergi,” kata Abdul Wajid, 30, yang tinggal di belakang untuk menjaga rumah keluarga.

Satu-satunya orang yang sibuk adalah pasukan Taliban yang bersenjata lengkap yang sekarang mengklaim sebagian besar lembah pegunungan.

Mereka menjaga penghalang jalan atau berpatroli di jalan-jalan berdebu dengan truk pikap yang disita sebagai rampasan perang dari pasukan pemerintah sebelumnya yang mereka kalahkan. 

Pejuang Panjshir pernah memiliki reputasi legendaris untuk perlawanan, mempertahankan rumah pegunungan mereka pertama dari militer Soviet selama satu dekade, kemudian sepanjang perang saudara, kemudian masa rezim Taliban terakhir dari 1996-2001.

Lembah sepanjang 115 kilometer (70 mil) yang dikelilingi oleh puncak-puncak bergerigi yang tertutup salju menawarkan para pembela keuntungan militer alami.

Baca Juga: Taliban Klaim Menang di Lembah Panjshir, Provinsi Terakhir yang Belum Dikuasai

Pasukan Taliban berjaga-jaga di gerbang Panjshir, Rabu (8/9/2021). (Sumber: Associated Press)


Sumber : Kompas TV/France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.