Kompas TV internasional kompas dunia

Kriminalitas Bersimaharajalela di Bogota Kolombia, Tentara Dikerahkan ke Jalan-Jalan

Jumat, 17 September 2021 | 05:35 WIB
kriminalitas-bersimaharajalela-di-bogota-kolombia-tentara-dikerahkan-ke-jalan-jalan
Hampir 400 tentara bersenjata lengkap dengan wewenang melakukan penangkapan dikerahkan ke berbagai sudut Bogota Kolombia untuk meredam tindak kriminalitas yang merajalela (Sumber: Juan Baretto/France24 via AFP)

BOGOTA, KOMPAS.TV - Ratusan tentara dikerahkan untuk berpatroli di jalan-jalan Bogota untuk mendukung polisi memerangi gelombang perampokan bersenjata yang kerap mematikan. Hal itu dikatakan pihak berwenang Kolombia seperti dilansir France24, Kamis (16/09/2021).

Pengerahan Rabu malam itu adalah tanggapan atas permintaan Wali Kota Claudia Lopez untuk bala bantuan dan muncul saat Kolombia mengalami periode paling kejam sejak kesepakatan damai 2016 dengan pemberontak sayap kiri yang mengakhiri konflik bersenjata selama beberapa dekade.

Hampir 360 tentara dikirim ke berbagai tempat di sekitar kota untuk mendukung polisi, menurut Menteri Pertahanan Diego Molano.

Dalam salah satu tugas pertama mereka, pasukan memasuki tiga lingkungan miskin di Bogota, termasuk pinggiran kota Kennedy yang terkenal, yang dikenal dengan tingkat kejahatan dan ketidakamanan yang tinggi.

Mereka akan memeriksa dokumen identitas orang, dan mencari kendaraan dan orang yang mencurigakan, kata Jenderal David Gomez, seorang komandan tentara.

Para prajurit akan dipersenjatai dan memiliki wewenang untuk melakukan penangkapan, tambah Molano.

"Kriminalitas dan kekerasan meningkat" di Bogota beberapa bulan terakhir, kata menteri itu, menyalahkan peningkatan pengangguran dan kemiskinan dan konsekuensi "psikologis dan budaya" dari berbulan-bulan dikepung virus corona.

Dengan tingkat kemiskinan lebih dari 40 persen dan hampir satu dari lima orang menganggur, Kolombia sangat terpukul oleh pandemi Covid-19, di mana kegiatan ekonomi Bogota menjadi sangat melambat.

Baca Juga: Song Joong Ki Kembali Syuting Film “Bogota” Usai Isolasi Mandiri

Kokain hasil sitaan aparat Kolombia, Maret 2021. Pada September 2021, tentara diturunkan ke jalan di Bogota untuk mengatasi lonjakan tindak kejahatan perampokan dan pembunuhan. (Sumber: Luis Robayo/France24 via AFP)

Menurut balai kota, Bogota membutuhkan sekitar 10.000 polisi selain 16.000 yang dimilikinya saat ini.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:26
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19