Kompas TV regional peristiwa

Nelayan Ketakutan Cari Ikan karena Kapal Perang China Mondar-mandir di Laut Natuna

Kompas.tv - 16 September 2021, 22:27 WIB
nelayan-ketakutan-cari-ikan-karena-kapal-perang-china-mondar-mandir-di-laut-natuna
Penangkapan dua kapal maling ikan berbendera Vietnam di Laut Natuna Utara. Kapal ilegal tersebut mencuri komoditas teripang menggunakan trawl. (Sumber: Dok. KKP)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

KEPULAUAN RIAU, KOMPAS.TV - Hendri, Ketua Aliansi Nelayan Natuna, menunjukkan sejumlah video yang diambil oleh nelayan pada koordinat 6.17237 Lintang Utara dan 109.01578 Bujur Timur.

Dalam video yang diperlihatkannya itu, terlihat ada enam kapal perang asal China yang berada di perairan zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia.

Baca Juga: Detik-Detik 2 Kapal Asing Pencuri Ikan di Laut Natuna Ditangkap, Sempat Berusaha Kabur

Karena keberadaan kapal perang negara asing yang tengah mondar-mandir itu, sejumlah nelayan di Kepulauan Riau merasa ketakutan.

Peristiwa itu diketahui terjadi di Laut Natuna Utara pada Senin, 13 September 2021. Adapun kapal yang terlihat paling jelas adalah destroyer Kunming-172.

”Nelayan merasa takut gara-gara ada mereka di sana, apalagi itu kapal perang," kata Hendri saat dihubungi, Rabu (15/9/2021), dikutip dari Kompas.id.

Baca Juga: Tunjukkan Eksistensi, India Kerahkan 4 Kapal Perang, Laut China Selatan pun Makin Panas

"Kami ingin pemerintah ada perhatian soal ini supaya nelayan merasa aman saat mencari ikan."

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan Komando Armada I TNI Angkatan Laut Letnan Kolonel Laode Muhammad mengatakan pihaknya belum mendapat laporan mengenai kehadiran enam kapal China yang dilihat nelayan di Laut Natuna Utara itu.

Namun, apabila ada kapal China yang mondar-mandir di ZEE Indonesia, biasanya kapal TNI AL akan membayanginya sembari melakukan komunikasi dengan mereka.

Laode mengatakan, ada empat kapal TNI AL yang bersiaga di Natuna. Itu antara lain KRI Diponegoro-365, KRI Silas Papare-386, KRI Teuku Umar-385, dan KRI Bontang-907.

”Yang jelas, kapal kami selalu ada di sana sehingga kalau ada kapal China yang masuk (teritorial RI), kami pasti membayangi,” ujar Laode.

Baca Juga: Detik-Detik Penangkapan 6 Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam di Perairan Natuna Utara

 

 

 



Sumber : Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.