Kompas TV regional berita daerah

Ini Desa Pertama di Bantul yang Diklaim Mencapai Herd Immunity

Kompas.tv - 16 September 2021, 16:43 WIB
ini-desa-pertama-di-bantul-yang-diklaim-mencapai-herd-immunity
a Serbuan 2000 Vaksin untuk warga Kalurahan Sumbermulyo di SMK 1 Muhammadiyah Bambanglipuro, Kamis (16/9/2021). (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Desa atau Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro Bantul diklaim menjadi desa pertama dari 75 kalurahan yang sudah mencapai herd immunity. Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyebutkan sudah lebih dari 80 persen warga Sumbermulyo mendapatkan vaksinasi.

“Ini menjadikan Sumbermulyo sudah mencapai herd immunity dan Bambanglipuro jadi kapanewon dengan capaian vaksinasi tertinggi se-Bantul,” ujarnya dalam acara Serbuan 2.000 Vaksin untuk warga Kalurahan Sumbermulyo di SMK 1 Muhammadiyah Bambanglipuro, Kamis (16/9/2021).

Bupati Bantul berharap kapanewon atau kecamatan lain bisa segera menyusul. Ia ingin puskesmas bersama TNI-Polri fokus di kalurahan sampai dusun untuk mempercepat 100 persen herd immunity.

Baca Juga: Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata Terkendala Sinyal Internet, Ini Solusi Pemkab Bantul

Menurut Abdul Halim, jika seluruh pihak di Bantul konsisten dalam satu bulan kabupaten ini bisa mencapai 100 persen herd immunity. Setidaknya, target vaksinasi per hari di Bantul sebanyak 13.000 dosis vaksin.

Lurah Sumbermulyo Ani Widayani menyebutkan wilayahnya dihuni 15.895 jiwa dan sudah lebih dari 12.000 orang yang mendapatkan vaksin Covid-19. Ia menilai tidak semua warga bisa divaksin, seperti balita, anak usia sekolah dasar, dan penyintas, sehingga tidak mungkin 100 persen penduduk mendapatkan vaksin.

“Warga bisa mulai hidup normal dengan kebiasaan baru dan aktivitas ekonomi bisa bergerak kembali karena sudah lebih dari 80 persen yang divaksin,” ucapnya.

Baca Juga: Uji Coba Tempat Wisata Pinus Sari Mangunan Bantul Sulit Diterapkan, Harus Unduh Dua Aplikasi

Kendati demikian, ia mengimbau warga Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul untuk tidak euphoria dan tetep menerapkan protokol kesehatan, mengingat vaksin tidak menjamin orang tidak terpapar Covid-19. Ia tidak ingin ada gelombang ketiga Covid-19.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x