Kompas TV religi beranda islami

Bulu Kudu Merinding Seperti Ada Makhluk Halus, Nabi Menyarankan Baca Ini

Kompas.tv - 16 September 2021, 18:12 WIB
bulu-kudu-merinding-seperti-ada-makhluk-halus-nabi-menyarankan-baca-ini
Bulu kuduk merinding, ada makhluk halus? (Sumber: Atlantios/ Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Diganggu makhluk halus merupakan hal yang patut kita benci. Apalagi, jika kita bukanlah orang pemberani dan cenderung menghindari hal-hal yang berbau mistis maupun perbincangan terkait makhluk astral atau semacamnya.

Duh… Terkadang ketika dalam suasana gelap atau tempat yang kita belum pernah datangi, tiba-tiba bulu kuduk merinding sendiri tanpa kita disadari. Perasaan takut pun muncul.

Apalagi jika makhluk halus ini seperti tidak menampakkan wujud aslinya, tapi kita yakin ada ‘sesuatu’ yang mungkin sedang mengawasi. Yang ada hanyalah perasaan-perasaan tidak menentu.  

Perasaan was-was pun tiba. Takut hanya perkara waktu. Ingin lari, tapi toh kita tidak tahu lari dari apa sebab bentuknya memang tidak ada secara kasatmata.

Apalagi, terkadang makhluk halus itu merupa setan atau gangguan lain yang membuat bulu kuduk merinding tanpa disengaja. Ketakutan yang sebenarnya justru manusiawi, tapi tetap saja sebagai manusia biasa kita tetap merasa was-was.

Terkait hal ini, Nabi mengingatkan kita agar tidak takut jika bertemu makhluk halus hal seperti itu. Hal ini termaktub dalam kitab al-Adzkar Nawawi karya Imam Nawawi,

Baca Juga: Zikir yang Paling Disukai Allah

Diriwayatkan oleh Ibu Sinni melalui Jabir, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Idza taggowalat lakumul ghiilanu fanaaduu biladzaaani."

Artinya: Apabila makhluk halus mengganggu kalian, maka serukanlah azan.

Nah, azan ternyata begitu efektif untuk ‘mengusir’ makhluk halus itu jika toh ada di sekitar kita.

Makna yang terkandung dalam hadits di atas, menurut Imam Nawawi adalah, tolaklah kejahatan di setan itu karena makhluk halus berupa setan itu akan lari terbirit-birit jika terdengar azan.

Ya, azan yang kita dengar lima kali sehari sebagai penanda waktu salat itu.

Penanda waktu lima kali sehari itu yang mungkin sudah kita hafal dapat digunakan jika sewaktu-waktu kita merasa ada 'sesuatu' di sekitar kita. Mungkin ada makhluk halus atau apa pun yang membuat kita merinding, bulu kuduk kita berdiri sendiri.

Wallahu a’lam bisshowab.

Baca Juga: Bacalah Doa Ashabul Kahfi Ini Agar Memudahkan Pekerjaanmu

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.