Kompas TV regional berita daerah

Cerita Bupati Sleman sempat Kesulitan Scan Qr Code di Tebing Breksi

Kompas.tv - 16 September 2021, 17:09 WIB
cerita-bupati-sleman-sempat-kesulitan-scan-qr-code-di-tebing-breksi
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengecek pelaksanaan uji coba tempat wisata Tebing Breksi Sleman, Kamis (16/9/2021). (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengecek pelaksanaan uji coba tempat wisata Tebing Breksi Sleman, Kamis (16/9/2021). Tebing Breksi Sleman menjadi salah satu dari tiga tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dipilih untuk mengikuti uji coba buka di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Ia mengakui pada awalnya sempat kesulitan masuk karena persoalan jaringan internet. Saat ingin melakukan pemindaian atau scan QR code melalui aplikasi PeduliLindungi, ia masih menggunakan jaringan internet dari paket data ponsel pintarnya.

Kemudian, bupati Sleman pun memanfaatkan fasilitas wifi yang disediakan oleh pengelola Tebing Breksi. Scan Qr code pun berhasil, dan orang nomor satu di Sleman itu bisa masuk ke kawasan wisata di timur DIY itu.

Baca Juga: Pasca Truk Terguling di Kawasan Tebing Breksi, Wisata Mbulak Umpeng Tutup Sementara

“Pemerintah Kabupaten Sleman telah mengajukan permohonan kepada Pemerintah Pusat terkait pembukaan kawasan wisata di wilayah Sleman,” ujar Kustini Sri Purnomo.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Sleman telah mengajukan permohonan 21 tempat wisata yang ada di Sleman untuk beroperasi. Namun demikian, rekomendasi pembukaan wisata diberikan secara bertahap yang dimulai dari kawasan wisata Tebing Breksi.

Ia menyebutkan, saat ini 97,3 persen dari 900 pelaku dan pengelola wisata di Sleman telah divaksin. Persentase vaksinasi menjadi salah satu syarat beroperasinya tempat wisata.

Baca Juga: Korban Kecelakaan Truk Terguling di Tebing Breksi Ternyata Sedang Kerja Bakti Angkut Batu

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo yang turut hadir dalam kegiatan uji coba tersebut mengatakan bahwa terdapat tiga kriteria atau syarat yang perlu dipenuhi sebelum mendapatkan rekomendasi uji coba. Ketiga syarat tersebut yakni memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE), melakukan vaksinasi bagi pelaku dan pengelola wisata, dan mendapatkan QR Code Peduli Lindungi.

“Tiga kriteria itu sudah dipenuhi kawasan wisata Tebing Breksi Sleman, jadi bisa uji coba buka,” ucapnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x