Kompas TV bisnis kebijakan

Bantuan Rp1,2 Juta Untuk PKL dan Warung Disalurkan Akhir Bulan Ini

Kompas.tv - 16 September 2021, 15:03 WIB
bantuan-rp1-2-juta-untuk-pkl-dan-warung-disalurkan-akhir-bulan-ini
Ilustrasi bantuan Rp1,2 juta untuk PKL dan warung (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah akan mulai menyalurkan bantuan sebesar Rp1,2 juta kepada pedagang kaki lima (PKL) dan warung pada akhir September 2021. Hal itu terungkap dari pertemuan Koperasi Warteg Nusantara (Kowantara) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (15/9/2021) di Istana Negara.

"Ya dibahas (bantuan PKL-warung Rp1,2 juta), Presiden menjanjikan akhir bulan nanti di launching dan dikawal dari asosiasi pedagang kaki lima dan warung," kata Ketua Kowantara Mukroni, kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Dalam pertemuan itu, Kowantara juga menyampaikan sejumlah permintaan kepada Presiden Jokowi. Seperti subsidi listrik, air, dan sembako; kemudahan mengajukan kredit ke bank; hingga penundaan cicilan kredit kendaraan bermotor ke bank dan leasing selama 1 tahun.

Sebelumnya, uji coba pemberian bantuan kepada PKL dan warung sudah dilakukan di Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Pengusaha Warteg Temui Jokowi, Minta Subsidi Listrik hingga Penundaan Cicilan Kredit Ke Bank

"Hari ini saya sudah laporkan ke Bapak Presiden bahwa saya dan Menkeu hadir untuk uji coba. Kalau sistemnya lancar nanti Bapak Presiden akan melaunching," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat itu.

Bantuan akan diberikan kepada 1 juta PKL dan pemilik warung. Sehingga dana yang disiapkan pemerintah sebesar Rp1 triliun.

Kriteria PKL dan warung yang berhak menerima Rp1,2 ini adalah mereka yang belum pernah menerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BUPM) atau BLT UMKM yang besarannya sama. Serta harus berada di daerah PPKM level 4.

Selama pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi, PKL dan warung banyak terimbas karena usahanya tutup. Padahal mereka mengandalkan hasil berjualan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x