Kompas TV video sinau

Simak! 4 Tips Atasi Error pada Aplikasi PeduliLindungi

Kompas.tv - 18 September 2021, 11:31 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Aplikasi PeduliLindungi jadi syarat untuk beraktivitas di ruang publik seperti melakukan perjalanan di seluruh moda transportasi, atau berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Lewat aplikasi ini, masyarakat diminta menunjukkan sertifikat vaksin dan melakukan scan QR code sebagai upaya screening sekaligus filter apakah pengunjung diizinkan masuk suatu tempat atau tidak.

Namun ada kalanya terjadi error seperti tidak bisa scan QR code, gagal log in, atau kesalahan data. Untuk memperbaiki error di aplikasi PeduliLindungi, ada beberapa cara yang dapat dicoba, yaitu:

1. Periksa jaringan internet

Pastikan perangkat mendapatkan jaringan internet dengan koneksi yang stabil agar tidak terjadi error saat proses scan QR code melalui aplikasi PeduliLindungi.

2. Muat ulang aplikasi

Jika gagal melakukan scan QR code, coba muat ulang atau refresh aplikasi dengan menutup aplikasi PeduliLindungi dan membukanya kembali.

3. Perbarui aplikasi

Pastikan untu memperbarui aplikasi maupun sistem operasi (OS) perangkat begitu ada update tersedia melalui play store (Android) atau app store (iOS).

Hal ini berguna untuk menyesuaikan spesifikasi serta sistem yang berjalan di aplikasi PeduliLindungi.

4. Bersihkan data cache

Hapus data cache aplikasi untuk menambah memori penyimpanan melalui pengaturan, lalu masuk ke menu penyimpanan di bagian info aplikasi.

Menghapus data cache aman dilakukan karena data aplikasi, seperti data log in, dan sebagainya tidak akan terhapus.

Di sisi lain, berkaitan dengan akses internet dan penetrasi smartphone yang belum merata di Indonesia, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya tengah mengupayakan alternatif screening PeduliLindungi.

"Kami juga memikirkan bagaimana PeduliLindungi bisa digunakan tanpa smartphone, sedang kita pikirkan bagaimana caranya agar ada alternatif lain,” ujar Budi dalam Raker dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: Simak, Ini Daftar Aktivitas yang Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x