Kompas TV regional berita daerah

Warga Temukan Petirtaan Kuno Peninggalan Kerajaan Kediri

Kompas.tv - 16 September 2021, 14:09 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

KEDIRI, KOMPAS.TV - Warga Kabupaten Kediri kembali menemukan sebuah bangunan kuno yang diduga bekas peninggalan Kerajaan Kediri. Bangunan tersebut diduga dulunya sebuah petirtaan  atau tempat mandi, karena terdapat tiga saluran air yang tersusun secara bertingkat.

Kelompok sadar wisata desa ini memeriksa bangunan kuno di kawasan sumber air towo Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Bangunan batu bata kuno ini  diduga merupakan bekas peninggalan Kerajaan Kediri.

Bangunan tersebut ditemukan saat warga sedang kerja bakti membersihkan semak belukar di lingkungan sumber. Ketika cangkul yang digunakan mengenai benda keras warga pun berusaha menggali lokasi.

Setelah digali, warga menilai batu bata dari bangunan dengan panjang dan lebar 2 meter itu sedikit berbeda. Akhirnya melaporkan temuan itu ke d

Dinas Pariwisata dan Lebudayaan Kabupaten Kediri.

Menurut warga, bangunan itu dulunya diduga sebagai petirtaan atau tempat mandi. Karena di bangunan itu  ditemukan tiga saluran air yang tersusun secara bertingkat.

Sementara itu, warga setempat berharap pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur untuk segera melakukan ekskavasi terhadap temuan tersebut. Sehingga nantinya bisa dijadikan lokasi wisata sejarah hingga menumbuhkan perekonomian warga desa.

#beritakediri

#situs

#petirtaan

#kuno



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x