Kompas TV video sinau

Simak Tips Aman Terobos Banjir Jika Terpaksa Melintasinya

Kompas.tv - 18 September 2021, 15:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Dampak cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia seperti hujan lebat dapat menimbulkan genangan air bahkan berpotensi menyebabkan banjir.

Ketinggian air di jalan raya membuat pengendara kendaraan bermotor kesulitan untuk melintas. Terlebih, pengendara motor atau mobil harus berhati-hati jika terpaksa menerobos kondisi jalan yang tergenang banjir.

Berikut sejumlah tips aman terobos banjir yang bisa dilakukan pengendara mobil atau motor.

1. Batas aman ketinggian air

Hindari melintasi jalan raya jika terdapat genangan air yang melebihi setengah roda mobil, atau mencapai ujung knalpot motor.

Selain itu, pastikan ada kendaraan yang lewat sebelumnya, untuk memastikan jalanan tersebut memang bisa dilewati.

2. Jaga kecepatan/gas konstan

Pertahankan kecepatan kendaraan dengan konstan agar tidak menimbulkan gelombang yang dapat masuk ke ruang mesin mobil.

Untuk pengendara sepeda motor, jangan tutup gas karena bisa menyebabkan air menutup atau masuk knalpot, sehingga mesin motor bisa mati.

3. Waspada kondisi jalan

Hati-hati jika jalan yang akan dilewati terdapat selokan atau jalan berlubang. Pengendara sepeda motor bisa saja kehilangan keseimbangan ketika melintasi jalan berlubang yang tertutup genangan air.

4. Cari jalan alternatif

Ada baiknya pengendara berputar arah dan mencari jalan alternatif jika menemui genangan banjir yang cukup tinggi, untuk meminimalisir risiko yang dapat terjadi seperti mogok di tengah banjir hingga kerusakan mesin kendaraan.

Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengingatkan agar pengendara selalu waspada ketika melintasi kawasan yang tergenang banjir.

“Kalau ada jalan yang tergenang atau tertutup air sebaiknya berhati-hati, karena bisa saja itu gorong-gorong sehingga akan menyebabkan kecelakaan,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Bulan September, Waspada Banjir dan Longsor!

(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x