Kompas TV religi beranda islami

Kisah Aneh Laki-laki Hendak Dikuburkan, Selalu Ada Ular Besar di Liang Lahadnya

Kamis, 16 September 2021 | 13:01 WIB
kisah-aneh-laki-laki-hendak-dikuburkan-selalu-ada-ular-besar-di-liang-lahadnya
Seorang pria beristirahat setelah mempersiapkan kuburan untuk korban Covid-19, di pemakaman Cipenjo di Bogor, Jawa Barat, Indonesia pada 14 Juli 2021. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana seekor ular besar bisa berada dalam sebuah kuburan? Padahal, para penggali kubur sudah berkali-kali berpindah tempat penguburan, tetap saja ada ular besar di dalam liang lahadnya.  

Kisah ini dinukil dari kitab ‘uyun al-Hikayat min Qashash Ash-Shalihin wa Nawadir az-Zahidin (500 Kisah Orang Sholeh Penuh Hikmah) karya Imam Ibnul Jauzi ,  seorang ulama masyhur abad ke-6. Suatu ketika, Abdul Hamid bin Mahmud mengisahkan pengalamannya ketika bersama Ibnu Abbas.

Waktu itu, mereka berdua ditemui oleh seseorang. Orang itu penasaran dengan peristiwa yang menimpa dirinya ketika menunaikan ibadah haji dan salah seorang temannya meninggal di bukit Shafa.

Orang itu pun hendak memakamkan temannya itu dan meminta bantuan para penggali kubur. Dari sinilah keanehan itu bermula.

Setelah tanah digali, di liang lahad temannya tadi muncul ular besar berwarna hitam. Mereka berpir, mungkin itu biasa aja. Bisa jadi itu memang tempat si ular. Mereka pun berpindah, menggali ke tempat lain lagi.

Anehnya, ketika berada di tempat baru itu,  usai dilakukan pengggalian dan dan siap dikuburkan, muncul ular besar lagi dan berada di liang lahad itu. Mereka pun saling berpandangan, apa ini kebetulan?

Para penggali pun penasaran. Mereka akhirnya membuat galian baru di tempat yang lebih jauh. Mereka berpikir, tempat baru ini pasti tidak ada ular maupun binatang lain.

Baca Juga: Kisah Sahabat Jadi Maling Harta Umat: Didoakan Masuk Surga, Malah Kejeblos ke Neraka

Ketika galian sudah dalam, ular besar berwarna hitam yang serupa juga ada di sana. Janggal sekali ini, pikir para penggali kubur.

Mereka pun pindah lagi dan berkali-kali terulang hal sama: tanah sudah digali, sudah siap dikubur dan selalu saja ada ular besar berwarna hitam di sana. Para penggali kubur menyerah, orang itu pun menemui Ibnu Abbas untuk bertanya, apa yang harusnya dilakukan?

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:31
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19