Kompas TV bisnis kompas bisnis

Pengetatan Kegiatan Masyarakat Mulai Dilonggarkan, Tingkat Okupansi Perhotelan Meningkat?

Kompas.tv - 16 September 2021, 12:15 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kenaikan investasi diharapkan bisa jadi penopan pemulihan ekonomi di tahun ini dan tahun depan.

Karena pandemi yang masih ada tak bisa terlalu banyak mengharapkan konsumsi bisa jadi tulang punggung lagi.

Meski pemerintah meyakini dampak pembatasan kegiatan masyrakat hanya bersifat sementara.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa perekonomian Indonesia hingga awal September 2021, terus menunjukkan prospek perbaikan.

"Berbagai leading indicators hingga awal September 2021, terus menunjukkan prospek perbaikan dari dampak pengetatan pembatasan mobilitas pada Juli hingga Agustus [yang] diperkirakan hanya bersifat sementara," tutur Airlangga pada sambutannya di acara Bisnis Indonesia Award 2021, Rabu (15/9/2021).

Pemerintah mulai melonggarkan kebijakan pengetatan di beberapa wilayah sedikit demi sedikit termasuk sektor industri perhotelan.

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, tingkat okupansi hotel di kawasan Puncak bagian Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meningkat hingga 70 persen jika dibandingkan dengan minggu lalu.

Baca Juga: Perpaduan Menu Khas Daerah Disajikan Hotel Santika Pekalongan

Sementara itu, percepatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah dan PPKM Level 2 berdampak positif pada tingkat okupansi hotel di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran mengatakan, 5 wilayah di Jawa-Bali tengah melakuakn uji coba menggunakan aplikasi PeduliLindungi bagi para pengunjung, sehingga pihak pengelola dapat melihat dan mengatur jumlah pengunjung hotel dan restoran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x