Kompas TV regional berita daerah

Angkot hingga Ojek Disulap Jadi Angkutan Wisata, 1 Rute 3 Destinasi Wisata

Kompas.tv - 16 September 2021, 11:33 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur meluncurkan angkutan wisata berbasis transportasi konvensional, seperti angkutan kota. Hal itu sebagai upaya untuk merangsang berkembangnya destinasi wisata di masa pandemi Covid-19.

Peluncuran angkutan wisata digelar di pendopo Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur, pada Rabu (15/9/2021). Program angkutan wisata berbasis transportasi konvensional, yakni pemerintah memberdayakan angkutan konvensional menjadi angkutan wisata.

Angkutan konvensional yang diberdayakan menjadi angkutan wisata diantaranya angkutan kota atau lin kuning sebanyak 25 unit, angkutan desa sebanyak 15 unit, ojek pangkalan sebanyak 15 unit dan becak tradisional sebanyak 15 unit.

Baca Juga: PPKM Level Dua, Wisata di Kendal Mulai Bergeliat

Para pengemudi angkutan wisata diberikan pelatihan, seperti public speaking, pemandu wisata dan fotografi sederhana dengan smartphone. Sopir yang merangkap pemandu wisata dibekali sertifikasi kepemanduan dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Angkutan wisata murah meriah. 12 penumpang dengan satu rute cukup membayar dua ratus ribu rupiah. satu rute minimal memiliki tiga destinasi wisata, mulai wisata alam, UMKM, kuliner dan religi.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan bahwa program ini merupakan upaya pemerintah untuk merangsang pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di masa pandemi Covid-19. Mengingat Kabupaten Jember sendiri sudah turun ke PPKM level 1.

Program angkutan wisata disambut baik oleh pengemudi transportasi konvensional, karena diharapkan dapat meningkatkan pendapatan mereka. 

Baca Juga: Pemprov DKI Berlakukan Sistem Ganjil Genap di Akses Jalan Menuju Tempat Wisata

“Mudah-mudahan dengan adanya program angkutan wisata ini, penghasilan saya meningkat,”ujar pengemudi angkutan kota, Agus Purwanto.

Usai meluncurkan program tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Jember mencoba mengendarai angkutan wisata becak dengan rute mengelilingi alun-alun kota.

 

#AngkutanWisata #AngkutanKonvensional #PemkabJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x