Kompas TV nasional agama

Pesan Yenny Wahid untuk Anak-anak Penghafal Al-Qur'an

Kamis, 16 September 2021 | 11:06 WIB
pesan-yenny-wahid-untuk-anak-anak-penghafal-al-qur-an
Yenny Wahid saat berjalan-jalan  (Sumber: Instagram Yenny Wahid )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Viral video beberapa santri tutup kuping saat mendengar musik ketika proses vaksinasi. Beberapa orang menganggapnya aneh dan menjadi perdebatan di media sosial, bahkan para santri ini pun dicap radikal. Padahal, menurut putri Gus Dur, Yenny Wahid, aksi para santri tidak radikal. Biasa saja.

Cap radikal itu jelas salah kaprah. Tidak ada indikator mereka terpapar radikalisme. Bahkan, santri-santri ini belajar Al-Qu'an

“Tidak mendengarkan musik bukanlah indikator para santri ini radikal, (apalagi) para santri ini menghafal Al-Qur’an,” tutur sebagaimana dikutip di Instagram belau @yennywahid (16/9/2021).

Putri dari presiden keempat Abdurrahman Wahid juga menjelaskan, proses menghafal Al-Qur’an memang tidak mudah. Dibutuhkan konsentrasi yang dalam ketika proses menghapal Al-Qur’an.

“Jadi, kalau aak-anak ini oleh gurunya diprioritaskan untuk fokuks menghafal Al-Qur’an dan diminta tidak mendengarkan musik ya bukan radikal,” tambahnya.

Lebih lanjut, Yenny juga mengajak untu lebih proporsional dalam menilai orang.  Tidak mudah melabeli orang lain dan semacamnya. Apalagi, urusannya dengan radikal, kafir dan seterusnya.

“Menyematkan label pada orang lain hanya akan membuat terbelah. Mari kita belajar untuk saling mengerti satu sama lain, dan itu bisa dimulai dengan memamahami dan menerima nilai yang kita anut tidak sama,” tambahnya.

Baca Juga: Tanggapi Video Viral Santri Tutup Telinga karena Musik, Yenny Wahid: Jangan Gampang Beri Cap Radikal

Yenny pun memuji para santri ini yang ikut vaksinasi. Memuji para guru yang mengantarnya, bahkan memuji mereka yang terus belajar menghafal Al-Qur’an. Belajar Al-Quran itu butuh konsentrasi dan ketenangan penuh.

“Buat adik-adik ma’had tahfidz (pondok khusus menghafal Al-Qur’an-red), semangat terus ya menghapal Al-Qur’an. Semoga Allah memberikan barakah untuk kalian semua,” tutupnya.

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:19
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19