Kompas TV regional berita daerah

UNS: Mahasiswa Diantar Pulang Polisi ke Kampus

Kompas.tv - 16 September 2021, 10:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Terkait aksi yang dilakukan para mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang diamankan polisi karena membentangkan poster saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Solo, Jawa Tengah, rektorat Universitas Sebelas Maret belum memutuskan seperti apa nantinya.

Pihak rektorat UNS Solo, Jawa Tengah, memastikan 10 orang mahasiswa yang sempat dibawa petugas sudah diantarkan ke kampus dengan selamat. Dan mahasiswa sudah kembali, tanpa kurang dan dalam kondisi baik.

"Kemarin sudah dipulangkan sore, diantar dari pihak kepolisian. Yang penting sudah tidak ada apa-apa,  anak-anak sudah baik-baik saja. Nanti dipikirkan belakangan lah supaya baik semuanya, kampus baik, mahasiswanya semakin baik," kata Ahmad Yunus, Wakil Rektor I UNS Solo.

Sementara itu, pihak kepolisian membantah jika disebut melakukan penangkapan. Mahasiswa hanya dibina dan diberi pemahaman bagaimana tata cara penyampaian pendapat di muka umum. Aksi kemarin, sama sekali belum ada pemberitahuan ke polisi.

"Tidak ada ditahan, kemarin itu kan ada kata-kata ditahan itu kan. Tidak ada ditahan ya, mereka hanya diberikan pemahaman. Jadi kita harapkan agar sesuai dengan undang-undang penyampaian pendapat ya, jadi kalau memang mau menyampaikan pendapat ya seharusnya 1x24 jam mereka harus lapor dulu," tutur Kombes Iqbal Al Qudusy, Kabid Humas Polda Jateng.

Sebelumnya, 10 orang mahasiswa dibawa petugas kepolisian. Mereka nekat melakukan aksi bentang poster di jalur yang dilalui Presiden Joko Widodo, ketika melakukan kunjungan kerja ke Universitas Sebelas Maret Senin (13/9/2021)  kemarin.

#jokowidodo #universitassebelasmaret #poldajateng



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x