Kompas TV regional berita daerah

Gubernur Lampung Resmikan E-Samdes dan Desa Mart

Kompas.tv - 16 September 2021, 11:39 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi meresmikan peluncuran program inovasi elektronik Samsat Desa (e-Samdes) dan L-Smart, Selasa (14/9).

Peresmian tersebut dilakukan di Gedung Sarana Olahraga Kampung Wates, Kabupaten Lampung Tengah bersama dengan Kapolda Lampung dan unsur Forkopimda.

Baca Juga: Gubernur Lampung Tinjau Metode Kesehatan Uluan Nughik Thermal Chamber di Tubaba

Peluncuran program inovasi ini sebagai pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Bumdes dengan menggunakan aplikasi elektronik Samsat Desa (e-Samdes) dan L-Smart. Hal tersebut dilakukan, guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang tinggal di pelosok desa dengan memanfaatkan peran Bumdes di wilayah masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi juga turut meresmikan Desa Mart yang bekerja sama dengan CV Chandra Perdana Abadi dan pegiat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Arinal menyampaikan, bahwa tujuan adanya Desa Mart ini sebagai pelayanan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, serta menampung dan menjual hasil produk masyarakat sekitar. Dengan begitu pertumbuhan ekonomi masyarakat diharapkan dapat meningkat.

Baca Juga: Pelepasan Kontingen Lampung ke PON XX Papua 2021

“Dengan harapan, Desa Mart ini dapat menjadi pusat transaksi bagi masyarakat. Kemudian, termasuk juga tanggung jawab dalam membangun daerah dengan wajib membayar pajak,” ujarnya.

Sejumlah program inovasi ini, merupakah salah satu langkah Pemerintah Provinsi Lampung melalui peran Bumdes atau Badan Usaha Milik Desa, sehingga mampu mempermudah pelayanan bagi masyarakat dan meningkatkan nilai pertumbuhan ekonomi di seluruh kabupaten/kota Provinsi Lampung.

#gubernurlampung #e-samdes #desamart



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x