Kompas TV regional berita daerah

Gelar Sidak ke Sekolah, Gibran Masih Temukan Guru Tak Pakai Masker Saat Mengajar

Kompas.tv - 16 September 2021, 08:18 WIB
gelar-sidak-ke-sekolah-gibran-masih-temukan-guru-tak-pakai-masker-saat-mengajar
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Wakil Walikota Teguh Prakosa usai rapat di Balai Kota Solo Senin (19/4/2021). (Sumber: Tribun Solo)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masih menjumpai guru yang tak taat protokol kesehatan ketika menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa sekolah, Rabu (15/9/2021).

Pelanggaran protokol kesehatan yang sering ditemukan yakni tak memakai masker sewaktu mengajar dalam pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

"Ada beberapa (guru) kemarin yang tidak pakai masker. Tapi sudah kami berikan teguran," kata Gibran, dikutip dari Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

Gibran juga mengaku rutin melakukan sidak ke sejumlah sekolah guna memastikan jalnnya PTM terbatas tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga: Gibran ke DKI Jakarta Ramai Dikaitkan Soal Pilkada: Saya Cuma Mewakili Karang Taruna

"Hampir setiap hari sebelum saya ke Balai Kota saya mampirnya ke sekolah-sekolah. Kami datang secara mendadak. Tanpa pemberitahuan dulu," ungkapnya.

Menurut Gibran, memantau penerapan protokol kesehatan di sekolah secara teratur itu sangat penting, mengingat anak-anak merupakan kelompok yang rentan akan risiko penyebaran Covid-19.

"Karena itu, saya benar-benar ngecek gurunya pakai masker atau tidak, dalam satu kelas muridnya dibatasi atau tidak," tuturnnya.

Gibran menambahkan, hingga saat ini belum ada laporan soal siswa yang terinfeksi Covid-19 sejak PTM terbatas dibuka, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga: Vaksinasi di Solo Sudah 98 Persen, Anies Baswedan Puji Kepemimpinan Gibran Rakabuming

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo Etty Retnowati mengatakan, pihaknya telah menegur guru yang kedapatan tidak memakai masker saat sidak itu.

"Pengawas (sekolah) sudah menegur guru bersangkutan. Kemarin ada tiga (guru yang tak memakai masker saat mengajar)," kata Etty.

Etty pun menuturkan, pihaknya selalu mengingatkan sekolah untuk menaati protokol kesehatan selama PTM terbatas.

"Kami selalu mengingatkan sekolah untuk prokes (protokol kesehatan) selama pembelajaran (tatap muka)," ujarnya.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.