Kompas TV klik360 cerita indonesia

Menikmati Kelezatan Rujak Seafood khas Palembang

Kamis, 16 September 2021 | 05:25 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Rujak seafood merupakan salah satu sajian kuliner laut, yang kini tengah digemari oleh warga Kota Palembang. Sajian menu rujak seafood ini diadopsi dari menu populer di Thailand yakni Som Tam, tetapi memiliki cita rasa lokal dengan beragam jenis makanan laut dalam penyajiannya. Sajian menu laut, masih menjadi primadona bagi kebanyakan pencinta kuliner yang ada di Kota Palembang.

Saat ini juga sudah mulai banyak bermunculan sajian kuliner laut yang menggugah selera, salah satunya rujak seafood. Sama seperti sajian menu laut pada umumnya, rujak seafood juga tetap mengandalkan beragam jenis makanan laut seperti kepiting, kerang hijau, kerang dara, udang, cumi, hingga lobster mini.

Beragam jenis makanan laut ini harus terlebih dahulu direbus hingga matang. Namun yang menjadi pemeran utama dalam menu rujak seafood ini, ialah sambal rujak uleknya. Untuk membuat sambal rujak ulek cukup mudah, pertama bawang putih diulek dan ditambahkan sedikit garam dan gula. Setelah halus kemudian masukkan cabai yang sebelumnya sudah dihaluskan. Kemudian untuk membuat rasanya lebih kuat, masukkan potongan jeruk kunci.

Untuk penyajiannya, cukup sajikan beragam makan laut yang sudah direbus ini dengan sambel rujak ulek. Sebagai pelengkapnya dapat juga ditambahkan sayuran selada dan kemangi. Alhasil menu rujak seafood ini cukup banyak diminati para pencinta kuliner olahan makanan laut. Dan dalam satu hari menu rujak seafood dapat terjual sebanyak 30 porsi.

Berbeda dari menu laut lainnya, rujak seafood ini memiliki rasa spesial karena sambel rujaknya terasa asam dan pedas. Satu porsi rujak seafood ini dibanderol mulai dari harga 65 ribu rupiah hingga 140 ribu rupiah, tergantung dari makanan laut yang dipilih.

Penulis : Herwanto

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:27
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19