Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Cara Mengolah Rebung agar Tidak Pahit dan Berbau

Kompas.tv - 16 September 2021, 06:05 WIB
cara-mengolah-rebung-agar-tidak-pahit-dan-berbau
Ilustrasi rebung. (Sumber: Jordi Sanchez/Wikimedia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Rebung adalah bahan makanan yang cukup mudah didapatkan. Rebung sendiri dapat diolah melengkapi berbagai makanan seperti gulai atau lumpia.

Rebung merupakan bahan makanan dengan kandungan gizi cukup baik. Melansir Alodokter, dalam 100 gram rebung, terdapat kandungan sekitar 2-2,5 protein, 4-5 gram karbohidrat, 2 gram serat, 2 gram gula, 60 miligram fosfor, 500 miligram kalium, 1,1 miligram zinc, 13 miligram kalsium, serta 4 miligram vitamin C.

Akan tetapi, rebung dapat menjadi tidak enak jika tidak dimasak dengan tepat. Sayuran ini dapat mengeluarkan aroma kurang sedap dan terasa pahit jika tidak diolah dengan benar.

Lalu, bagaimanakah sebaiknya cara mengolah rebung? Berikut tips mengolah rebung agar tidak terasa pahit atau berbau.

1. Potong lapisan yang berserat.

Sebelum mengolah rebung segar, Anda mestinya membuang lapisan luarnya terlebih dulu. Lapisan ini berserat dan dapat membuat rebung pahit serta keras saat diolah.

Baca Juga: Menikmati Olahan Rebung yang Kaya Akan Serat & Protein di Buleleng

2. Rebus dengan air garam.

Sebelum dimasak, ada baiknya merebus rebung dengan air garam terlebih dulu. Caranya dengan memasukkan rebung ke air mendidih dan rebus selama 45-50 menit.

Setelah merebus, diamkan dulu rebung hingga air rebusannya dingin. Cara ini dapat membuat rebung lebih lemas dan lebih empuk saat diolah menjadi makanan.

3. Gunakan rempah aromatik.

Rempah aromatik merupakan rempah-rempah yang memiliki bau kuat. Rempah seperti ini dapat membuat masakan beraroma lebih kuat dan lezat. Rempah aromatik pun dapat dipakai untuk memasak rebung.

Caranya, cukup masukkan rempah aromatik yaitu daun salam serta serai ke dalam rebusan rebung. Tidak perlu banyak-banyak, pakai rempah aromatik secukupnya saja.

4. Rebus Kembali.

Merebus kembali rebung dapat membuat sayuran ini lebih empuk dan menghilangkan bau tidak sedap.

Perebusan dapat dilakukan dua hingga tiga kali untuk menghilangkan bau. Selain itu, perebusan kembali dapat menghilangkan rasa pahit dari rebung.

Baca Juga: Begini Cara Mengolah Rumput Laut Jadi Dodol

 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x