Kompas TV olahraga kompas sport

Jadi Debutan Liga Champions, Sheriff Tiraspol: Kami akan Bermain dengan Kehormatan

Kompas.tv - 15 September 2021, 22:07 WIB
jadi-debutan-liga-champions-sheriff-tiraspol-kami-akan-bermain-dengan-kehormatan
Para pemain FC Sheriff Tiraspol merayakan kemenangan mereka di babak playoff kualifikasi Liga Champions. (Sumber: Sheriff Tiraspol)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

TIRASPOL, KOMPAS.TV - Klub asal Moldovia, Sheriff Tiraspol menjadi kejutan di Liga Champions UEFA musim ini. Sheriff mencetak sejarah dengan menjadi wakil pertama Moldovia di fase grup Liga Champions.

Sebelumnya, klub-klub dari negara yang baru merdeka pada 1991 itu selalu gagal di babak penyisihan. Sheriff, peraih 19 titel Liga Moldovia, gagal dalam 18 kesempatan mengikuti kualifikasi Liga Champions.

Musim ini, Sheriff sukses menjadi kuda hitam di babak penyisihan. Mereka menyingkirkan Teuta (Albania) dan Alashkert (Armenia) untuk mencapai fase akhir kualifikasi. Klub berjuluk The Yellow Black ini kemudian sukses mengeliminasi raksasa Serbia, FK Crvena Zvezda serta kampiun Kroasia, Dinamo Zagreb untuk lolos ke putaran final.

Sheriff pun ditunggu lawan-lawan berat di fase grup. Mereka akan menghadapi Shakhtar Donetsk, Real Madrid, serta Inter Milan di Grup D.

Baca Juga: Profil Sheriff Tiraspol, Klub Asal Moldova yang Cetak Sejarah dengan Debut di Liga Champions

Meskipun demikian, Sheriff enggan berkecil hati. Juara bertahan Liga Moldovia ini ingin berkiprah “secara terhormat” menghadapi lawan-lawan berat.

“Ini hebat. Grup ini sangat memotivasi untuk menunjukkan apa yang dapat kami lakukan dan bermain secara terhormat lawan tim-tim papan atas,” kata kiper Sheriff, Serghei Pascenco sebagaimana dilansir UEFA.com.

Mencapai fase grup Liga Champions merupakan prestasi istimewa bagi Sheriff. Sang pelatih, Yuriy Vernydub, yakin anak asuhnya bisa lebih berprestasi lagi dan menimbulkan kejutan.

“Filosofi kami sederhana: jangan curang di sepakbola, mencintai sepakbola, dan bekerja keras mengeluarkan kemampuan terbaik Anda. Saya pikir ini bukanlah pencapaian final kami. Saya sangat berharap dan memercayai itu,” kata pelatih asal Ukraina tersebut.

Vernydub sendiri akan menghadapi raksasa sepakbola dari negara asalnya, Shakhtar Donetsk di partai pertama Grup D Liga Champions pada Kamis (16/9/2021) dini hari. Setelah itu, mereka akan menjajal kekuatan Real Madrid dan Inter Milan.

Baca Juga: Messi Datang ke PSG, Pochettino Tak Merasa Tertekan untuk Juara di Liga Champions

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.