Kompas TV regional berita daerah

Seorang Balita di Tegal, Gemar Makan Tanah

Kompas.tv - 15 September 2021, 21:40 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Vero Fernanda, balita tiga tahun anak ke tiga dari pasangan Carmo 50 tahun dan Umrotun 41 tahun, warga Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, kerap berperilaku aneh. Hampir setiap hari vero yang bermain di tanah lapang gemar memakan tanah dan pasir saat tengah asyik bermain.

 

Balita ini bahkan kerap memakan rontokan tembok yang lapuk. Umrotun, ibunda Nando panggilan akrabnya mengatakan perilaku tak wajar tersebut terjadi saat Nando berumur satu setengah tahun.

 

Ibunya memergoki Nando tengah memasukan tanah ke dalam mulutnya, seperti layaknya makanan. Kebiasaan tersebut sering dilakukan saat Nando bermain di luar rumah. Jika dilarang, Nando pun menangis kencang. Menurut ibunya Nando hanya mengalami sakit perut ringan.

 

Orang tua Nando sebenarnya ingin memeriksakan anaknya ke dokter. Karena kebiasaan buruk tersebut masih terjadi hingga kini. Namun karena keterbatasan ekonomi, mereka mengurungkan niatnya.

 

Umrotun dan suaminya carmo hidup di rumah peninggalan orang tua yang kondisinya tidak layak huni. Suaminya hanya menjadi tukang servis elektronik panggilan yang penghasilannya tidak tetap. Sementara bantuan sosial dari pemerintah setempat tak pernah sampai ke tangannya lantaran status pernikahannya hanya nikah siri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x