Kompas TV regional kriminal

Terbongkar Modus Kawanan Penipu Raup Rp400 Juta dari Cashback, Bikin Akun Penjual dan Pembeli Fiktif

Rabu, 15 September 2021 | 21:37 WIB
terbongkar-modus-kawanan-penipu-raup-rp400-juta-dari-cashback-bikin-akun-penjual-dan-pembeli-fiktif
Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Banten membekuk empat penipu yang memanfaatkan program cashback di aplikasi e-commerce atau jual beli online. (Sumber: KOMPAS.com/RASYID RIDHO)

BANTEN, KOMPAS.TV - Polda Banten membongkar aksi kejahatan yang dilakukan kawanan penipu dengan memanfaatkan program cashback pada aplikasi e-commerce atau situs jual beli online.

Adalah bagian Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Banten yang berhasil mengungkap kasus ini. Dari pengungkapan kasus tersebut, turut diamankan para pelaku berjumlah empat orang.

Baca Juga: Budi Waseso Laporkan Menpora Era SBY, Adhyaksa Dault atas Dugaan Penipuan dan Pemalsuan Surat

Adapun keempat pelaku tersebut masing-masing berinisial BDK (34), BBK (35), HM (47), dan AT (35). Mereka ditangkap di wilayah Pasar Kamis, Kabupaten Tangerang, Banten.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Banten Kombes Dedi Supriadi mengungkapkan modus para pelaku melakukan aksi kejahatannya hingga meraup untung ratusan juta rupiah.

Mereka, kata Kombes Dedi, menggunakan modus transaksi fiktif. Caranya, membuat akun pembeli dan penjual yang ternyata sesama pelaku, di aplikasi e-commerce yang menyelenggarakan program cashback.

Para pelaku sengaja membuat akun pembeli dan penjual bodong untuk mencari cashback.

Baca Juga: Kasus Penipuan Rp1,1 Miliar David Noah Berakhir Damai, Lina Yunita Cabut Laporan Polisi

Cashback yang diperoleh mereka kemudian ditukarkan. Setelah itu, uangnya dibelanjakan barang berupa ponsel dan yang lainnya untuk dijual kembali.

"Empat pelaku ini seolah-olah jual produk tertentu dan menciptakan pembeli fiktif dengan promo cashback di Tokopedia. Pembeli dan penjual adalah sindikasi (pelaku sendiri)" kata Dedi di Mapolda Banten, Rabu (15/9/2021).

Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Petugas Lapas Dilatih Padamkan Api

Rabu, 15 September 2021 | 21:36 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19