Kompas TV regional berita daerah

Petugas Damkar Inspeksi ke Lembaga Pemasyarakatan

Kompas.tv - 15 September 2021, 21:20 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang dengan korban jiwa mencapai 44 orang mengundang keprihatinan banyak pihak. Agar kasus serupa tidak terulang di Lapas - Lapas lainya, kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso bersama petugas pemadam kebakaran melakukan inspeksi atau pemeriksaan sarana proteksi kebakaran di Lapas Kelas IIA Pekalongan.

 

Selain memeriksa ruangan atau blok-blok yang ada, tim juga memeriksa alat pemadam api ringan, apar yang ada di Lapas ini sekaligus mengecek petugas yang bisa mengoperasikannya. Di Lapas yang terdiri dari beberapa blok dengan ratusan warga binaan, hanya ada 8 apar. Itupun yang berfungsi hanya dua unit. Sisanya rusak atau kedaluwarsa.

 

Kepala Lapas Kelas II Pekalongan Agus Heryanto, mengaku sudah melakukan langkah-langkah preventif dan mitigasi guna menghindari terjadinya peristiwa kebakaran seperti di Lapas Tangerang. Diantaranya dengan meningkatkan trolling atau patroli ke seluruh lokasi Lapas.

 

Rencananya setelah pemeriksaan ini, pihak Lapas Kelas II Pekalongan akan berkolaborasi dengan pemadam kebakaran yang berada dibawah naungan Satpol PP akan menggelar sosialisasi dan penanganan dini kebakaran. Penanganan dini penanganan kebakaran ini sangat penting, karena biasanya saat itu api masih kecil dan mudah dikendalikan.

 

Diharapkan dengan kegiatan ini, musibah seperti yang terjadi di Lapas Tangerang, bisa dihindarkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.