Kompas TV regional berita daerah

Musim Kemarau Jadi Berkah Tersendiri Bagi Petani Porang Di Madiun

Kompas.tv - 15 September 2021, 18:57 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

MADIUN, KOMPAS.TV - Salah satu sentra budidaya porang yang berada di desa Klangon, kecamatan Saradan, Madiun. Di desa ini para petani tidak hanya menanam umbi porang namun juga mengolahnya menjadi Chip atau porang kering.

Pada musim kemarau saat ini menjadi berkah tersendiri bagi para petani porang yang melakukan usaha pengeringan umbi porang.

Porang basah yang sebelumnya dicacah, dapat kering selama 5 hingga 6 hari penjemuran disaat cuaca panas. Porang dapat lebih cepat kering dibanding pada saat musim penghujan, yang membutuhkan waktu hingga 15 hari.

Umbi kering atau yang biasa disebut chip porang, ini biasanya diekspor ke mancanegara seperti Jepang, Cina, Taiwan, dan Korea. Chip porang dikenal kaya akan manfaat untuk bahan baku makanan, kosmetik dan lem.

Sayangnya, pada saat musim panen raya saat ini, harga porang justru tidak stabil. Para petani berharap pemerintah segera turun tangan untuk menstabilkan harga porang di tingkat petani.

Selain melakukan pengeringan porang, pada saat kemarau petani umumnya juga memilah umbi porang ukuran kecil. Untuk dijual sebagai bibit yang akan ditanam pada saat musim penghujan tiba.

#Madiun #Porang #Budidaya #Ekspor #Pertanian #Beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x