Kompas TV regional berita daerah

Mensos Risma Kunjungi Komunitas Adat Terpencil di Pegunungan Meratus

Kompas.tv - 15 September 2021, 18:27 WIB

HULU SUNGAI TENGAH, KOMPAS.TV - Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini, kunjungi lokasi Komunitas Adat Terpencil  di Dusun Danau Canting, Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan Selasa sore (14/9/2021).

Setiba di lokasi Komunitas Adat Terpencil  Kemensos didampingi Dirjen Pemberdayaan Sosial Bupati HST dan jajaran lainnya langsung disambut dengan Tarian Babansi dan Tari Kanjar dan pembacaan puisi warga Dayak Meratus.

Baca Juga: Kisah Pemulung di TPA Basirih, Puluhan Tahun Gantungkan Hidup Cari Rezeki di Tumpukan Sampah

Kunjungannya kali ini dalam rangka memberikan bantuan sosial total 1,5 miliar rupiah lebih yang diperuntukkan pada Pembangunan rumah, Peralatan sekolah, sarana air bersih, MCK, Penghijauan, Balai Sosial dan Penerangan lampu tenaga surya hemat energi.

Terletak di tengah Pegunungan Meratus  perumahan Komunitas Adat Terpencil (KAT) Dusun Danau Canting ini juga merupakan sinergitas antara Pemerintah Daerah  Kementerian Sosial  dan masyarakat Desa Hinas Kiri yang telah terealisasi pada tahun 2019 lalu dan berlanjut hingga tahun 2021 ini khususnya untuk warga terisolir .

“Tempat kita di sekarang ini yaitu desa hinas kiri merupakan daerah yang bebas banjir, hal ini dikarenakan karena warga Hinas Kiri sangat menjaga kelestarian alamnya,” ujar Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Aulia Oktafiandi.

“Saya kesini karena memang tugas pokok dan fungsinya kementrian sosial itu salah satunya menangani komunitas tempat terpencil,” ungkap Menteri Sosial Ri, Tri Rismaharini. 

Baca Juga: BPK dan Relawan Banjar Galang Dana Untuk Bantu Korban Banjir Katingan

Ada beberapa permintaan dari  warga Komunitas Adat Terpencil pada Menteri Sosial dalam forum terbuka yakni kurangnya sinyal telepon seluler yang belum ada akses jalan yang sulit fasilitas pendidikan yang minim, oven mini pengering jagung  dan mesin perontok jagung karena mata pencarian utama mayoritas masyarakat Dusun Danau Canting adalah berkebun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.