Kompas TV internasional kompas dunia

Partai Buruh Menangi Pemilu Norwegia, Skandinavia Dikuasai Koalisi Sayap Kiri

Rabu, 15 September 2021 | 18:22 WIB
partai-buruh-menangi-pemilu-norwegia-skandinavia-dikuasai-koalisi-sayap-kiri
Jonas Gahr Store dan anggota Partai Buruh berselebrasi ketika memantau hasil penghitungan suara Pemilu Norwegia, Senin (13/9/2021). (Sumber: Javad Parsa/NTB via Associated Press)

OSLO, KOMPAS.TV - Partai Buruh (AP) yang diketuai Jonas Gahr Store menang telak di pemilihan umum (pemilu) Norwegia yang digelar sejak Senin (13/9/2021). AP dilaporkan memenangi 26,3 persen suara, lebih tinggi dari delapan kontestan lain.

Hasil Pemilu Norwegia saat ini disebut telah dihitung 100 persen. Namun, pengumuman resmi masih menunggu proses verifikasi.

Partai Buruh yang berhasil mendongkel koalisi Konservatif yang dipimpin Perdana Menteri Erna Solberg, telah berkuasa sejak 2013.

Di Pemilu 2021, partai Store mengampanyekan transisi gradual dari industri perminyakan yang membuat Norwegia kaya. Partai Buruh mengampanyekan transisi ke energi terbarukan demi masa depan lingkungan.

Baca Juga: Norwegia, China, dan Tunisia Serukan Gencatan Senjata di Jalur Gaza

Selain itu, Store juga mengampanyekan keadilan sosial.

“Norwegia telah memberikan sinyal yang jelas, hasil pemilu menunjukkan bahwa rakyat Norwegia menginginkan masyarakat yang lebih adil,” kata politisi berusia 61 tahun itu seperti dikutip Al Jazeera.

Partai Buruh pun diproyeksikan akan membentuk koalisi sayap kiri di parlemen, dengan Store mengisi pos perdana menteri. Kemenangan telak di pemilu membuat koalisi itu diproyeksikan menempati 100 dari 169 kursi parlemen yang tersedia.

Kemenangan Partai Buruh membuat Norwegia menjadi negara Skandinavia kelima yang dipimpin pemerintahan sayap kiri. Sebelumnya, pada 2019, partai sayap kiri juga menang di Finlandia, Swedia, serta Denmark.

Pada April 2021, Greenland juga membentuk pemerintahan sayap kiri usai Partai Inuit Ataqatigiit yang beraliran sosial-demokrat dan separatis memenangi pemilu. Greenland memang masih termasuk wilayah Denmark, tetapi memiliki otonomi membentuk pemerintahan sendiri sejak 1979.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Al Jazeera




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19