Kompas TV regional berita daerah

Sepeda Motor Listrik Dari Modifikasi Motor Klasik

Kompas.tv - 15 September 2021, 16:57 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MALANG, KOMPAS.TV - berawal dari sebuah tantangan dari temannya yang merupakan pegiat lingkungan, seorang pemuda di Kota Malang berhasil mengubah sepeda motor klasik menjadi sepeda motor listrik. Karena menggunakan kerangka sepeda motor klasik, sepeda motor listrik ini terlihat unik dan menarik.

Siapa yang menyangka jika sepeda motor klasik tahun 70an ini adalah sepeda motor listrik.  Ya.. dari bentuknya sepeda motor ini memang mengecoh. Sekilas sepeda motor ini memang tidak ada bedanya dengan sepeda motor klasik pada umumnya. Namun saat dilihat lebih detail dan dihidupkan barulah diketahui kalau sepeda motor ini tidak menggunakan bahan bakar minyak melainkan menggunakan baterai.

Sepeda motor listrik ini adalah hasil kreasi Nanang Saiful Rohman, yang berawal dari sebuah tantangan dari rekannya yang merupakan pegiat lingkungan di Bandung. Nanang yang sehari harinya bergelut dan merestorasi sepeda motor kalsik pun tertarik mencoba hal yang baru. Dalam membuat sepeda motor listrik, Nanang sengaja menggunakan kerangka sepeda motor klasik. Bagian sepeda motor klasik Honda C70 tetap ia pertahankan. Sehingga kesan klasik masih melekat pada sepeda motor listrik buatannya.

Untuk memodifikasi satu sepeda motor listri, Nanang membutuhkan waktu sekitar  6 bulan. Beberapa kendala juga ia temui terutama saat pemmasangan baterii pada bagian bawah yang biasanya menjadi tempat mesin sepeda motor.

Ada dua part yang dipertahanka, yaitu rangka Honda C70 masih dipertahankan standar depan hingga belakang. Yang berbeda di bagian mesinnya sudah diganti batrei

Meski masih ada beberapa bagian sepeda motor yang perlu disempurnaka, Namun Nanang cukup puas dengan hasilnya. Dengan pengisian batrei selama 8 jam sepeda motor listrik mampu berjalan selama 1 jam nonstop dengan kecepatan 60 kilometer perjam.

Nanang juga berharap, kedepannya regulasi tentang pembuatan sepeda motor listrik bisa dipermudah, sehingga sepeda motor ramah lingkungan ini bisa diproduksi massal dan menjadi alternatif kendaraan ramah lingkungan.

#beritamalang

#otomotif

#modifikasi

#motorlistrik

#motorklasik

#hondac70



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.