Kompas TV nasional berita utama

Tim DVI Identifikasi 41 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang

Kompas.tv - 15 September 2021, 16:08 WIB
tim-dvi-identifikasi-41-jenazah-korban-kebakaran-lapas-kelas-1-tangerang
Satu jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang atas nama Hadi Wijoyo akan diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan, Minggu (12/9/2021). (Sumber: Dok. Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tim Disaster Victim Identification (DVI) berhasil mengidentifikasi seluruh jenazah korban kebakaran lapas kelas 1 Tangerang.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono, Rabu (15/9/2021).

“Hari ini kita update kembali hasil yang telah dicapai tim DVI soal korban kejadian kebakaran di lapas kelas 1 Tangerang. Pada hari ini tim DVI berhasil mengidentifikasi 14 korban,” kata Rusdi Hartono.

“Seluruhnya teridentifikasi melalui DNA dan rekam medis.”

Kendati demikian, Rusdi Hartono dalam keterangannya mengatakan ada 2 jenazah korban kebakaran lapas kelas 1 Tangerang yang meski sudah dikenali secara fisik masih memerlukan data lanjutan.

“Ada 2 jenazah secara fisik dikenali, tetapi tim DVI membutuhkan data-data tertentu untuk memastikan apakah betul itu sesuai,” ujarnya.

Sebelumnya pada hari ini, Kemenkumham menyerahkan 7 jenazah korban kebakaran lapas Tangerang yang lebih awal teridentifikasi secara medis.

Termasuk, surat kematian dan uang santunan Rp 30 juta kepada keluarga korban kebakaran lapas Tangerang sebagai tali kasih.

“Kami baru saja menyerahkan salah satu jenazah (Wayan Tirta Utama) korban kebakaran di Lapas Tangerang. Kami menyerahkan juga uang santunan tali asih dari kami,” katanya Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej.

Dalam kesempatan tersebut, Edward juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Disaster Victim Identification (DVI) yang telah bekerja keras melakukan identifikasi terhadap korban kebakaran lapas Tangerang.

“Kami dari Kemenkumham mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya yang tak terhingga kepada Tim DVI, seluruh jajaran kedokteran forensik, dan berbagai lembaga yang membantu identifikasi,” ujarnya.

Seperti diketahui, Rabu (8/9/2021) kebakaran terjadi di lapas kelas 1 Tangerang dan mengakibatkan sebanyak 41 orang tewas seketika. Selain 41 korban tewas tersebut, akibat kebakaran tersebut juga membuat sejumlah orang yang menjalani perawatan luka berat meninggal dunia.

Hingga saat ini korban meninggal akibat kebakaran lapas kelas 1 Tangerang sebanyak 46 orang.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.