Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Devisa Anjlok, Menparekraf Manfaatkan Forum Global untuk Ajang Investasi Pariwisata

Rabu, 15 September 2021 | 12:48 WIB
devisa-anjlok-menparekraf-manfaatkan-forum-global-untuk-ajang-investasi-pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (pakaian biru) berkunjung ke Desa Gegesik Kulon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (9/9/2021). Gegesik Kulon termasuk dalam 50 besar desa wisata dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. (Sumber: Kompas.id/Abdullah Fikri)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia berencana menggunakan Global Tourism Forum Leaders Summit Asia 2021 sebagai ajang promosi investasi pariwisata berkelanjutan.

Forum yang mempertemukan pemerintah dan pemimpin industri pariwisata tingkat Asia ini, akan berlangsung secara luring-daring pada 15-16 September 2021.

Diketahui, penerimaan devisa di sektor pariwisata pada tahun 2020 anjlok 80 persen dibandingkan dengan tahun 2019. Hal ini dijelaskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno.

Kemudian, pada tahun 2021, penurunan penerimaan devisa pariwisata diperkirakan masih terjadi, tetapi Sandi berharap angka penurunannya tidak sebesar tahun 2020. Sebab, penurunan pendapatan devisa di sektor ini turut berdampak pada  lapangan kerja.

Sandiaga mengakui, sejumlah negara di Asia Tenggara sudah lebih dulu membuka batas dengan kembali menerima wisatawan mancanegara.

Namun, ia menegaskan, Indonesia memilih tidak akan berebut kunjungan wisatawan mancanegara, tetapi menonjolkan sikap meningkatkan kunjungan berkualitas dan mengajak negara-negara di Asia Tenggara untuk berkolaborasi.

Baca Juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Global Tourism Forum Leaders Summit Asia 2021, Pariwisata Jadi Topik Utama

Misalnya, bagi pelaku industri pariwisata nasional bisa membuat pola perjalanan (travel pattern) atau paket Phuket (Thailand)-Langkawi (Malaysia)-Bali (Indonesia).

Sejalan dengan hal itu, uji coba 20 taman wisata/tempat rekreasi yang berlangsung pekan ini bakal jadi bahan evaluasi menuju pelaksanaan kunjungan wisatawan yang berkualitas dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Termasuk Bali yang juga tengah dipersiapkan segala fasilitas protokol kesehatannya untuk dibuka kembali bagi kunjungan wisatawan mancanegara sambil menunggu penurunan angka kematian karena Covid-19.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV/Kompas.id




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19