Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Covid-19 Keliling Bagi Para Pemulung

Rabu, 15 September 2021 | 12:23 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jemput bola menjadi salah satu cara yang ditempuh pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19. Di Bantul, Yogyakarta, vaksinator berkeliling di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, untuk memberikan vaksin Covid-19 dosis pertama kepada ratusan pemulung.

Vaksinasi keliling ini diselenggarakan Badan Intelijen Negara (BIN) bekerjasama dengan Poltekes Kemenkes Yogyakarta, dengan menyediakan 500 dosis vaksin sinovac. Para pemulung yang mendapatkan vaksin Covid-19 tidak perlu mengantre lama, karena langsung didatangi para vaksinator disela kegiatan mereka mengumpulkan barang bekas.

Mayoritas para pemulung yang menerina vaksin Covid-19 dosis pertama ini mengaku senang, karena tak perlu repot mendatangi fasilitas kesehatan maupun lokasi vaksinasi. Syaratnya, mereka cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan melakukan cek kesehatan di tempat. Usai divaksin, para pemulung pun bisa melanjutkan pekerjaannya.

"Awal-awalnya merasa takut, karena ada yang bilang adem panas gitu, saya sejak semalem sampe nggak bisa tidur, saya mikir. Karena saya ini hidup disini sebatang kara, nggak punya sodara, nggak punya teman, jadi saya merasa malu mau divaksin. Udah tenang, saya sangat-sangat terima kasih," kata Watiyem, pemulung.

Para pemulung termasuk kelompok rentan yang perlu diprioritaskan menerima vaksin Covid-19, karena kerap bersentuhan langsung dengan limbah medis atau barang bekas para penyintas Covid-19. Diharapkan, vaksinasi Covid-19 di tempat ini dapat menciptakan kekebalan kelompok sehingga tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

"Harapan kami semua warga di Indonesia ini bisa tervaksin dan termasuk sodara kita di TPST ini kan juga rentan terhadap penularan covid. Karena berhubungan dengan sampah-sampah yang beraneka ragam termasuk juga sampah dari isoman, orang-orang yang terpapar covid. Sehingga mereka rentan terhadap penularan Covid-19," tutur AKBP Sugiyono, Staf Sus Binda DIY.

Vaksinasi keliling yang digelar di TPST ini terbilang lancar dan sukses meyakinkan para pemulung untuk divaksin. Namun beberapa kejadian lucu kerap terjadi saat vaksinasi dilakukan, seperti halnya sapi yang ikut nimbrung dalam antrean vaksin.

#vaksinasi #tpstpiyungan #badanintelijennegara

Penulis : KompasTV Jateng

Sumber : Kompas TV Jateng


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19