Kompas TV regional berita daerah

Vaksinasi Covid-19 Keliling Bagi Para Pemulung

Kompas.tv - 15 September 2021, 12:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jemput bola menjadi salah satu cara yang ditempuh pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19. Di Bantul, Yogyakarta, vaksinator berkeliling di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, untuk memberikan vaksin Covid-19 dosis pertama kepada ratusan pemulung.

Vaksinasi keliling ini diselenggarakan Badan Intelijen Negara (BIN) bekerjasama dengan Poltekes Kemenkes Yogyakarta, dengan menyediakan 500 dosis vaksin sinovac. Para pemulung yang mendapatkan vaksin Covid-19 tidak perlu mengantre lama, karena langsung didatangi para vaksinator disela kegiatan mereka mengumpulkan barang bekas.

Mayoritas para pemulung yang menerina vaksin Covid-19 dosis pertama ini mengaku senang, karena tak perlu repot mendatangi fasilitas kesehatan maupun lokasi vaksinasi. Syaratnya, mereka cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan melakukan cek kesehatan di tempat. Usai divaksin, para pemulung pun bisa melanjutkan pekerjaannya.

"Awal-awalnya merasa takut, karena ada yang bilang adem panas gitu, saya sejak semalem sampe nggak bisa tidur, saya mikir. Karena saya ini hidup disini sebatang kara, nggak punya sodara, nggak punya teman, jadi saya merasa malu mau divaksin. Udah tenang, saya sangat-sangat terima kasih," kata Watiyem, pemulung.

Para pemulung termasuk kelompok rentan yang perlu diprioritaskan menerima vaksin Covid-19, karena kerap bersentuhan langsung dengan limbah medis atau barang bekas para penyintas Covid-19. Diharapkan, vaksinasi Covid-19 di tempat ini dapat menciptakan kekebalan kelompok sehingga tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

"Harapan kami semua warga di Indonesia ini bisa tervaksin dan termasuk sodara kita di TPST ini kan juga rentan terhadap penularan covid. Karena berhubungan dengan sampah-sampah yang beraneka ragam termasuk juga sampah dari isoman, orang-orang yang terpapar covid. Sehingga mereka rentan terhadap penularan Covid-19," tutur AKBP Sugiyono, Staf Sus Binda DIY.

Vaksinasi keliling yang digelar di TPST ini terbilang lancar dan sukses meyakinkan para pemulung untuk divaksin. Namun beberapa kejadian lucu kerap terjadi saat vaksinasi dilakukan, seperti halnya sapi yang ikut nimbrung dalam antrean vaksin.

#vaksinasi #tpstpiyungan #badanintelijennegara



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x