Kompas TV regional berita daerah

Petugas Cek Fasilitas Lapas Antisipasi Kebakaran

Kompas.tv - 15 September 2021, 11:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan didampingi sejumlah petugas pemadam kebakaran melakukan pemeriksaan alat pemadam kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekalongan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Selain mengecek ruang tahanan atau blok-blok di lapas, tim juga memeriksa ketersediaan alat pemadam api ringan (APAR) yang ada di lapas sekaligus mengecek petugas yang bisa mengoperasikanya. Di lapas yang terdiri dari beberapa blok dengan ratusan warga binaan, hanya ada 8 APAR dan yang berfungsi hanya dua unit, sisanya rusak atau kadaluwarsa.

Kepala Lapas Kelas II A Pekalongan, Agus Heryanto mengaku, sudah melakukan langkah-langkah preventif dan mitigasi guna menghindari terjadinya peristiwa kebakaran seperti di Lapas Tangerang. Diantaranya dengan meningkatkan  pengawasan ke seluruh lokasi lapas.

"Ya minimal kejadian bencana kebakaran tidak terjadi di Lapas Pekalongan. Kita selalu meningkatkan rolling di jajaran pengamanan dalam setiap menit setiap waktu untuk melakukan rolling pengawasan dari masing-masing kelompok hunian. Di samping itu juga, sistem pengamanan kita terutama di Lapas Pekalongan ini sudah berjalan," kata Agus Heryanto, Kalapas Kelas IIA Pekalongan

Rencananya, setelah pemeriksaan ini pihak Lapas Kelas IIA Pekalongan akan berkolaborasi dengan pemadam kebakaran yang berada di bawah naungan Satpol PP, menggelar sosialisasi dan penanganan dini kebakaran. Penanganan dini kebakaran ini sangat penting, karena biasanya saat itu api masih kecil dan mudah dikendalikan. Diharapkan dengan kegiatan ini, musibah seperti yang terjadi di Lapas Tangerang bisa dihindarkan.

#lapastangerang #lapaskelasiiapekalongan #alatpemadamapiringan



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.