Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Ingin Indonesia Secepatnya Keluar dari Jebakan Negara Pengekspor Bahan Mentah

Kompas.tv - 15 September 2021, 11:09 WIB
jokowi-ingin-indonesia-secepatnya-keluar-dari-jebakan-negara-pengekspor-bahan-mentah
Presiden Jokowi saat memberi arahan dalam pelantikan Purnapaskibraka menjadi Duta Pancasila di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (18/8/2021). (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

KARAWANG, KOMPAS.TV- Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas. Dengan masuk ke hilirisasi dan industrialisasi untuk menjadi negara industri yang kuat berbasis pada pengembangan inovasi teknologi.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi saat ground breaking pabrik baterai kendaraan listrik dengan nilai investasi 1,1 milliar dollar AS di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/9/2021).

“Karena itu strategi bisnis besar negara adalah keluar secepatnya dari jebakan negara pengekspor bahan mentah,” ujarnya.

“Melepaskan ketergantungan pada produk-produk impor dengan mempercepat revitalisasi industri pengolahan. Sehingga bisa memberikan peningkatan nilai tambah ekonomi yang semakin tinggi.”

Baca Juga: Jokowi: Indonesia Negara Pertama di Asia Tenggara yang Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik

Dalam pernyataannya, Jokowi menuturkan Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia.

Dengan potensi yang luar biasa tersebut, Presiden Jokowi yakin dalam 3 sampai 4 tahun ke depan melalui manajemen pengelolaan yang baik Indonesia akan bisa menjadi produsen utama produk-produk barang jadi berbasis nikel.

“Seperti baterai lithium, baterai listrik, baterai kendaraan listrik, hilirisasi akan meningkatkan nilai tambah biji nikel secara signifikan,” ujarnya.

Jokowi menambahkan, biji nikel jika diolah menjadi sel baterai nilainya bisa meningkat 6 sampai 7 kali lipat. Kemudian, jika diolah lagi menjadi mobil listrik akan meningkat lebih besar lagi nilai tambahnya yaitu 11 kali lipat.

“Selain itu pengembangan industri baterai juga akan meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan investasi dari industri turunan yang menggunakan baterai. Seperti investasi motor listrik listrik, bus listrik dan industry mobil listrik,” katanya.

Baca Juga: 5 Lokasi Penghasil Nikel di Indonesia, Prospek Cuan untuk Pasokan Baterai Mobil Listrik Dunia

Jokowi lebih lanjut menyampaikan, pemerintah Indonesia berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan dan pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik.

Pemerintah, katanya, juga akan menggulirkan reformasi struktural untuk memberikan kepastian hukum dan kemudahan perizinan kepada para investor untuk mengembangkan usahanya di Indonesia.

“Pemerintah juga terbuka atas berbagai inisiatif kerja sama dengan negara-negara sahabat. Saya berharap kolaborasi antara perusahaan Korea Selatan dengan perusahaan Indonesia ini semakin diperkuat termasuk realisasi kerjasama investasi dalam industri baterai dan kendaraan listrik,” ucapnya.

“Saya berpesan agar kolaborasi yang terbangun bukan hanya di antara perusahaan-perusahaan besar atau BUMN kita tetapi juga melibatkan usaha mikro kecil dan menengah.”



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.