Kompas TV regional berita daerah

Bentangkan Poster Untuk Jokowi, Mahasiswa Diamankan

Kompas.tv - 15 September 2021, 10:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Sejumlah 10 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang diamankan saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Solo telah dipulangkan oleh polisi. Polisi juga membantah melakukan penangkapan dan juga penahanan.

Melalui aplikasi perpesanan, Polresta Solo menyatakan hanya melakukan pembinaan pada mahasiswa mengenai penyampaian pendapat di muka umum. Terlebih saat ini masih dalam pandemi Covid-19. Polisi menyatakan 10 mahasiswa telah diantar pulang ke kampus UNS.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS menyebut ada sekitar 10 mahasiswa yang diamankan. BEM UNS mengaku, mereka hanya ingin menyampaikan aspirasi lewat poster dan tidak tahu jika ada kesalahan. Mahasiswa mengklaim poster-poster yang dibentangkan isinya sopan.

"Berjalannya waktu, ternyata ada tindakan atau sikap yang berlebihan yang dilakukan aparat terhadap mahasiswa UNS dan terjadilah ditangkap atau diamankan 10 orang kawan kami. Sehingga kami melihat tindakan tersebut adalah  tindakan yang membungkam suara aspirasi masyarakat. Padahal undang-undang kita sudah mengatur bagaimana masyarakat bisa menyampaikan aspirasi di muka umum," ujar Zakky Musthofa Zuhad, Presiden BEM UNS.

Sementara itu, pihak Universitas Sebelas Maret, Solo, Jawa Tengah, memastikan bahwa 10 mahasiswa yang sempat dibawa petugas sudah diantarkan ke kampus dengan selamat.

#universitassebelasmaret #polrestasolo #jokowidodo



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.