Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Indonesia Jadi Tuan Rumah Global Tourism Forum Leaders Summit Asia 2021, Pariwisata Jadi Topik Utama

Kompas.tv - 15 September 2021, 10:30 WIB
indonesia-jadi-tuan-rumah-global-tourism-forum-leaders-summit-asia-2021-pariwisata-jadi-topik-utama
Ilustrasi kunjungan wisatawan. Sejumlah turis domestik dan mancanegara tampak lalu-lalang di salah satu ruas jalan di Pulau Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (13/3/2021) siang. (Sumber: Kompas.TV - Vyara)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Global Tourism Forum Leaders Summit Asia 2021.

Acara ini berlangsung secara luring-daring mulai hari ini (15/9) hingga besok (16/9).

Forum yang mempertemukan pemerintah dan pemimpin industri pariwisata tingkat Asia ini membicarakan sejumlah topik pariwisata di era normal baru.

Misalnya, transformasi digital pariwisata dan transformasi industri pariwisata di bawah kepemimpinan perempuan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S Uno menyampaikan sejumlah negara di Asia Tenggara sudah lebih dulu membuka batas dengan kembali menerima wisatawan mancanegara.

Di sisi lain, ia menegaskan, Indonesia memilih tidak akan berebut kunjungan wisatawan mancanegara, tetapi lebih pada meningkatkan kunjungan berkualitas dan mengajak negara-negara di Asia Tenggara untuk berkolaborasi.

Saat ini, pemerintah tengah melakukan uji coba 20 tempat wisata dan akan jadi bahan evaluasi menuju pelaksanaan kunjungan wisatawan yang berkualitas dengan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

”Bagi kami, Global Tourism Forum Leaders Summit Asia 2021 membawa dua pesan penting, yaitu kepercayaan diri dan harapan dari Indonesia. Kepercayaan diri bahwa sertifikasi CHSE sebagai acuan menggapai pariwisata berkualitas,” ujar Sandiaga dalam telekonferensi pers Global Tourism Forum Leaders Summit Asia 2021 di Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: Utang Indonesia dari Bank Dunia untuk Pariwisata Capai Rp 4 Triliun, Dipakai Apa Saja?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.