Kompas TV nasional politik

Ribuan Kategori Hitam Covid Keliaran di Tempat Umum, Puan Ingatkan Pemerintah Tak Kendor

Kompas.tv - 15 September 2021, 10:37 WIB
ribuan-kategori-hitam-covid-keliaran-di-tempat-umum-puan-ingatkan-pemerintah-tak-kendor
Ketua DPR RI Puan Maharani (Sumber: Dok. DPR RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah tak terlena dengan fenomena kasus Covid-19 yang terus mengalami penurunan. Kewaspadaan harus selalu ditingkatkan, karena pandemi ini belum berakhir.

“Walaupun PPKM terus mengalami tren penurunan status, jangan lengah, jangan kendor, agar tidak lagi terjadi lonjakan kasus lagi,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (15/9/2021). 
 
Kementerian kesehatan (Kemenkes) melaporkan sebanyak 3.830 orang berstatus hitam terdeteksi berkeliaran di tempat umum. Kategori hitam sendiri berarti orang yang terpapar atau merupakan kontak erat dengan pasien Covid-19.

Baca Juga: Setelah Berbulan-bulan Turun, Kini Kasus Covid-19 di AS Naik Lagi

Politikus PDIP itu meminta Satgas Penanganan Covid-19 menerjunkan tim reaksi cepat jika mengetahui adanya orang berstatus hitam yang berkeliaran di tempat umum. Aplikasi itu bisa menjadi acuan untuk melakukan pelacakan.

“Pasien-pasien Covid-19 yang berada di tempat umum agar segera dilakukan dikarantina untuk menghindari penularan, dan dirawat sebaik mungkin hingga mereka sembuh,” ujarnya.

Menurut dia, di tengah kasus Covid-19 yang masih landai ini, maka harus dijadikan momentum untuk pemerintah memperbaiki seluruh infrastruktur kesehatan. 

“Melandainya kasus covid ini harus dijadikan momentum untuk berbenah, siapkan infrastruktur kesehatan, terutama infrastruktur khusus untuk menangani kasus-kasus corona,” kata Puan.

Baca Juga: Penelitian di India Sebut Antibodi Covid-19 Turun Drastis setelah 4 Bulan Vaksinasi

Ia menyebut, dengan infrastruktur kesehatan yang memadai, diharapkan tidak ada lagi gelombang corona berikutnya. Karena, sarana dan prasarana bagi masyarakat terkait Covid-19 juga harus dimaksimalkan. 

“Sehingga tidak lagi terjadi kekurangan bed bagi pasien corona di rumah sakit, kelangkaan oksigen, obat-obatan, dan lain sebagainya,” katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x