Kompas TV regional viral

Kabar Terbaru Balita yang Gemar Makan Tanah, Hiperaktif dan Menderita Anemia

Kompas.tv - 15 September 2021, 04:05 WIB
kabar-terbaru-balita-yang-gemar-makan-tanah-hiperaktif-dan-menderita-anemia
VF (3), balita yang memiliki kegemaran makan tanah, tinggal di Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. (Sumber: KOMPAS.com/Tresno Setiadi)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

TEGAL, KOMPAS.TV - Balita asal Kota Tegal, Jawa Tengah, yang gemar memakan tanah,VF, telah menjalani pemeriksaan lanjutan. Hasilnya bocah 3 tahun itu dinyatakan sebagai hiperaktif dan menderita anemia.

Kepala Puskesmas Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal Fikrie El Mujahid mengatakan, temuan itu merupakan hasil pemantauan terhadap VF yang sebelumnya telah diperiksa di rumah sakit. 

"Setelah dilakukan pemeriksaan di rumah sakit, diketahui jika ananda anak yang hiperaktif. Didapatkan juga kondisi anemia. Sementara untuk kondisi lainnya dalam batas normal," terang Fikrie, Selsas (14/9/2021).

Lebih lanjut, Fikrie memastikan, pihaknya akan terus memantau perkembangan kondisi kesehatan anak dari pasangan Casmo dan Umrotun Khasanah tersebut.

Baca Juga: Balita di Tegal Gemar Makan Tanah, Rumah Sakit Lakukan Pemeriksaan

Sebelumnya, VF sempat dibawa ke RSUD Kardinah setelah dikunjungi Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Prima Indraswari dan Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat, Senin (13/9/2021).

Ibu dari VF, Umrotun mengungkapkan, anaknya yang memiliki kebiasaan memakan tanah sejak 1,5 tahun lalu memang tidak pernah mengeluh soal kondisi tubuhnya.

Kendati demikian, disebutkannya bahwa VF pernah beberapa kali mengalami sakit perut tapi tak berlangsung lama.

"Setelah dikasih obat warung alhamdulillah sembuh. Jadi tidak pernah dibawa ke dokter," jelas Umrotun.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x