Kompas TV regional peristiwa

Waspada Banjir, Pemkot Jakarta Pusat Soroti Titik Langganan Genangan Air

Kompas.tv - 14 September 2021, 21:57 WIB
waspada-banjir-pemkot-jakarta-pusat-soroti-titik-langganan-genangan-air
Ilustrasi banjir di Ibu Kota DKI Jakarta. Konidisi banjir di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020). Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Sabtu (8/22020) dini hari membuat sejumlah kawasan di Ibu Kota terendam banjir. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat tengah menyoroti sejumlah titik yang kerap menjadi langganan banjir dan genangan air.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, titik-titik itu nantinya akan mendapatkan penanganan ekstra guna mencegah banjir pada musim hujan tahun ini.

Salah satu wilayah yang kini dalam pengawasan Dhany yaitu Kelurahan Karet Tengsin, Kecamaran Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Di wilayah tersebut, setidaknya ada dua titik yang menjadi langganan banjir, di antaranya, yakni RW 07 dan Jalan Abdul Jalil.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem di Serang Banten, Sejumlah Wilayah Diterjang Banjir hingga Tanah Longsor

"Kemudian di Kelurahan Bendungan Hilir, kawasan depan RSAL Mintoharjo, dan area dekat Pasar Benhil (juga kerap dilanda banjir)" kata Dhany, Selasa (14/9/2021)

"Karena lokasi-lokasi tersebut dekat cekungan dan berada di bawah ketinggian Sungai Krukut," sambungnya.

Selain itu, Kelurahan Petamburan dan Jalan Raden Saleh, Cikini, juga menjadi lokasi prioritas dalam penanganan banjir karena sering tergenang oleh air rembesan dari Banjir Kanal Barat (BKB).

"Sudah dilakukan pengerukan sedimentasi dan penambalan rembesan air (di BKB)" jelas mantan Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Provinsi DKI Jakarta itu.

Baca Juga: Jakarta Siaga Banjir, Pemprov DKI Antisipasi Potensi Banjir akibat Cuaca Ekstrem

Lebih lanjut, Dhany pun telah menganggarkan pengadaan sejumlah pompa air mobile dan statis, serta berencana membangun drainase vertikal, khusus di Jalan Abdul Jalil.

"Mudah-mudahan saja (dengan upaya itu), saat musim penghujan nanti kita tidak terdampak banjir lagi," ucap Dhany.

Mengingat musim penghujan bakal datang pada awal November, Dhany meminta beberapa pihak untuk meminimalisir potensi bencana banjir secara bersama-sama.

Pihak-pihak yang digandeng Pemkot Jakarta Pusat, antara lain, Sudin SDA, Bina Marga, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, serta Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

"Yuk, sama-sama kita bahu membahu untuk upaya melakukan pencegahan (banjir di Jakarta Pusat)" pungkas Dhany.



Sumber : Warta Kota

BERITA LAINNYA



Close Ads x