Kompas TV regional berita daerah

Kesehatan Balita Makan Pasir dan Tanah Diperiksa

Selasa, 14 September 2021 | 21:16 WIB

TEGAL, KOMPAS.TV - Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi mengunjungi rumah orang tua VF, balita tiga tahun di Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal yang gemar memakan tanah dan pasir pada Senin (14/09) siang. VF nampak gembira saat wakil walikota beserta wakil ketua tim Penggerak PKK Dyah Probondari memberikan bantuan berupa susu dan makanan ringan.

Anak ketiga dari pasangan suami istri Carmo dan Umrotun ini nampak riang memilih minuman dan makanan yang diinginkan. Karena selama ini akibat kemiskinan balita tiga tahun tersebut hanya mengkomsumsi makanan seadanya.

Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi mengatakan kondisi VF yang gemar memakan tanah dan pasir menjadi kabar yang memprihatinkan. Karena menurutnya bukan hanya faktor kesehatan melainkan ada faktor utama lainnya yakni kemiskinan.

Baca Juga: Balita di Tegal Gemar Makan Tanah, Rumah Sakit Lakukan Pemeriksaan

Ironisnya kedua orang tuanya yang hanya menikah siri belum mendapatkan kartu keluarga. Sehingga belum tersentuh bantuan dari pemerintah Kota Tegal. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Tegal untuk memfasilitasi pembuatan kartu keluarga dan data kependudukan lainnya agar didaftar sebagai penerima bantuan.

Sebelumnya VF juga telah diperiksa kesehatannya di RSUD Kardinah Tegal. Kepala Puskesmas Debong Lor Fikri El Mujahid mengatakan dari hasil pemeriksaan dokter spesialis anak, dokter spesialis kejiwaan, dan psikolog, kondisi VF dinyatakan baik dan tanpa keluhan. Namun, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pencernaan.

VF diketahui gemar memakan tanah dan pasir saat masih berusia satu setengah tahun. Saat lepas dari pengawasan orang tua, VF kerap memakan pasir dan tanah saat bermain. Namun saat dilarang ibunya, VF justru mengamuk dan menangis.

Video Editor: Faqih Fisabilillah

Penulis : Edika ipelona

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:19
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19