Kompas TV nasional berita utama

Antisipasi Perubahan Dunia, Jokowi Minta Perguruan Tinggi Fasilitasi Talenta Mahasiswa

Selasa, 14 September 2021 | 21:35 WIB
antisipasi-perubahan-dunia-jokowi-minta-perguruan-tinggi-fasilitasi-talenta-mahasiswa
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, di Auditorium Fakultas Kedokteran UNS, Kota Surakarta, Senin (13/09/2021) (Sumber: BPMI Setpres/Rusman)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meminta pendidikan tinggi harus memfasilitasi mahasiswanya dalam mengembangkan talenta dan mengubah pola-pola lama agar dapat mengatasi perubahan dunia.

Perubahan dunia yang dimaksud Jokowi adalah adanya revolusi industri industri 4.0, disrupsi teknologi, dan pandemi yang mempercepat gelombang besar perubahan dunia. 

Bahkan, kata Jokowi, hal tersebut menyebabkan tingkat ketidakpastian global menjadi tinggi. Hal tersebut disampaikan presiden saat memberikan sambutan pada Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Senin (13/9).

Jokowi meminta agar universitas memberikan kemerdekaan bagi para mahasiswanya, "dan merubah pola-pola lama yang memang itu sudah saatnya harus ditinggal. Jangan mahasiswa itu dipagari oleh terlalu banyak program-program studi di fakultas," jelas Jokowi dalam video yang baru ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (14/9/2021).

Baca Juga: 10 Mahasiswa UNS Ditangkap, Kontras: Pemerintahan Jokowi Masih Alergi dengan Kritik

Jokowi kembali menegaskan, universitas harus memfasilitasi talenta-talenta mahasiswa yang belum tentu sesuai dengan program studinya. "Karena kita ingat, pilihan prodi dan fakultas tidak selalu berdasarkan pada talenta, dan ketidakcocokan itu kadang-kadang terasa saat kuliah," tegas Jokowi.

Bahkan Presiden menyebutkan bahwa seseorang bisa berkarir jauh dari ilmu yang didapatkannya pada masa kuliah, seperti yang dialami oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Seorang insinyur Teknik Fisika Nuklir, kemudian menjadi bankir. Tapi nyatanya juga bisa melesat sampai menduduki tangga paling puncak (sebagai) Direktur Utama Bank Mandiri. Melompat lagi jadi Menteri Kesehatan,” kata Presiden.

Lebih lanjut Presiden kembali mengingatkan bahwa saat ini adalah masa transisi perubahan besar dunia yang harus diantisipasi bersama. Untuk itu, mahasiswa harus memahami banyak hal untuk mengatasi perubahan yang terjadi.

“Mahasiswa harus paham semuanya, paham matematika, paham statistika, paham ilmu komputer, paham bahasa. Dan bahasa itu bukan bahasa Inggris saja, tapi juga bahasa coding,” ujar Jokowi.

Penulis : Hedi Basri | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19