Kompas TV internasional kompas dunia

Kemlu Pastikan Kedubes Jepang di Indonesia Tak Keluarkan Peringatan tentang Ancaman Teror

Kompas.tv - 14 September 2021, 21:06 WIB
kemlu-pastikan-kedubes-jepang-di-indonesia-tak-keluarkan-peringatan-tentang-ancaman-teror
Ilustrasi terorisme (Sumber: Shutterstock.com)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memastikan tidak ada peringatan tentang ancaman teror yang diterima dari Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Indonesia.

“Sudah dikonfirmasikan dengan Kedubes Jepang di Jakarta dan dijelaskan bahwa Kedubes Jepang tidak mengeluarkan warning seperti yang ditanyakan (ancaman teror),” kata Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah, Selasa (14/9/2021).

Dilansir dari Associated Press, Kementerian Luar Negeri Jepang pada Senin (13/9/2021) mendesak warganya untuk menjauh dari fasilitas keagamaan dan keramaian di Indonesia dan lima negara Asia Tenggara. Hal itu terkait dengan kemungkinan adanya ancaman teror.

Selain Indonesia, peringatan tersebut juga ditujukan bagi warga Jepang di Filipina, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand. 

Sementara itu, Kedubes Jepang di Kuala Lumpur mengonfirmasi tentang peringatan ancaman teror di Asia Tenggara yang dikeluarkan untuk warga negara Jepang di Malaysia.

Adapun Kepolisian Malaysia telah melakukan pengamanan ketat terkait informasi dugaan akan adanya serangan teroris yang dilancarkan di negara tersebut.

Baca Juga: Jepang Peringatkan Warganya soal Ancaman Teror di Indonesia

Antisipasi sama juga dilakukan oleh Densus 88 di Indonesia. Menurut Kabagops Densus 88 Kombes Pol Aswin Siregar mengatakan, pihaknya akan mendalami informasi tersebut.

“Akan kami dalami maksud pernyataanya dan sumber informasinya,” kata Aswin lewat keterangannya, Selasa (14/9/2021).

Aswin menuturkan, Densus 88 selalu siaga dan melakukan antisipasi segala bentuk ancaman. Begitu juga ancaman yang menyasar wilayah internasional.

“Densus selalu dalam kondisi siaga untuk memonitor gerakan jaringan teroris di wilayah kita, termasuk regional dan internasional,” ujar Awin.

Baca Juga: Jepang Peringatkan Ancaman Teror di Indonesia dan 5 Negara Lainnya

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x