Kompas TV regional berita daerah

Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata Terkendala Sinyal Internet, Ini Solusi Pemkab Bantul

Kompas.tv - 14 September 2021, 18:55 WIB
uji-coba-pembukaan-tempat-wisata-terkendala-sinyal-internet-ini-solusi-pemkab-bantul
Ilustrasi penggunaan aplikasi Pedulilindungi saat uji coba pembukaan tempat wisata di Bantul. (Sumber: KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Pinus Sari Mangunan Bantul menjadi salah satu dari tiga destinasi wisata yang ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk uji coba pembukaan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3. Uji coba sudah dilakukan pada Senin (13/9/2021).

“Dinas Pariwisata DIY telah mengajukan pergantian objek wisata, semula Watu Lumbung yang ditetapkan, lalu meminta diganti Pinus Sari Mangunan,” ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Annihayah, Selasa (14/9/2021).

Usulan pergantian tempat wisata lokasi uji coba buka selama PPKM level 3 itu karena Watu Lumbung belum mengantongi sertifikat Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE).

Baca Juga: Uji Coba Tempat Wisata Pinus Sari Mangunan Bantul Sulit Diterapkan, Harus Unduh Dua Aplikasi

Uji coba yang dilakukan seperti scan QRcode dengan aplikasi Pedulilindungi. Hasilnya, hanya wisatawan yang menggunakan jaringan internet dari provider Telkomsel dan XL saja yang bisa terkoneksi dengan aplikasi itu.

“Kendala kami penguatan sinyal, dan sudah kami laporkan ke kementerian, Dinas Pariwisata DIY, dan bupati Bantul,” ucap Annihayah.

Rencananya, sebagai solusi, Pemkab Bantul akan memasang fasilitas wifi di Pinus Sari Mangunan.

Baca Juga: Kegalauan Peternak Sapi Bantul yang Merugi Akibat Tergiur Tambak Udang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x