Kompas TV feature explore indonesia

Gutta Percha, Pohon Langka yang Daunnya Berharga Jutaan Rupiah

Kompas.tv - 14 September 2021, 16:34 WIB
gutta-percha-pohon-langka-yang-daunnya-berharga-jutaan-rupiah
Pohon Gutta Percha di kawasan Perkebunan Sukamaju milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII di Desa Cipetir, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (Sumber: ANTARA/Aditya Ramadhan)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejumlah pohon menjulang di kawasan Perkebunan Sukamaju milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII di Desa Cipetir, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sekilas pepohonan yang tumbuh di area seluas 333 hektare itu sama seperti pepohonan lain, tumbuh dengan sendirinya dan menjulang semaunya. Tak banyak yang tahu bahwa daun pepohonan itu bernilai rupiah yang cukup tinggi. Pohon itu bernama Gutta Percha. Daunnya bisa dijual seharga Rp3,5 juta per kilogram.

Dulu, pada tahun 1885, Gutta Percha yang memiliki nama latin Palquium Gutta ini sengaja dibudidayakan di Perkebunan Cipetir, yang kini bernama Perkebunan Sukamaju milik PTPN VIII.

Awalnya dilakukan penyadapan untuk mendapatkan getah pohon itu, namun belakangan diketahui bahwa daunnya juga bisa menghasilkan getah.

Gutta berasal dari kata getah, sedangkan Perca merupakan nama lain Pulau Sumatera pada zaman dahulu.

Pembudidayaan pohon tersebut bukan tanpa alasan. Mengutip tulisan berjudul "The Gutta Percha Company" karya Bill Burns di laman atlantic-cable.com, seorang dokter bedah di Inggris meneliti tanaman ini.

Penelitian tersebut mengungkapkan manfaat Gutta Percha, bahwa getah dari pohon itu bisa dijadikan sebagai bahan baku termoplastik alami untuk beragam kebutuhan. Sejak itulah pamor Gutta Percha meningkat.

Getah Gutta Percha terbilang unik. Teksturnya akan melumer seperti karet saat dipanaskan, kemudian akan mengeras seperti plastik kokoh saat didinginkan di suhu ruang.

Gutta Percha pun dimanfaatkan dalam pembuatan beragam produk, seperti gips atau gigi palsu untuk dunia kedokteran, perabotan rumah tangga, dan pelapis kabel bawah laut di era teknologi telegraf ditemukan.

Manfaat getah pohon yang banyak tersebar di hutan pulau Indonesia, Singapura, dan Malaysia pada tahun 1850-an ini membuat banyak pihak tergiur dan mengeksploitasi.

Pohon-pohon itu ditebang, diambil kayunya, kemudian dikirim ke Inggris. Sebanyak 1.500 ton Gutta Percha tercatat dikirm ke Inggris pada tahun 1851 untuk keperluan industri.

Eksploitasi besar-besaran tersebut menyebabkan pohon Gutta Percha termasuk salah satu pohon langka dan hampir punah.

Pada akhir abad 19, sebanyak 16 juta kilogram Gutta Percha digunakan sebagai pelapis insulasi kabel telegraf bawah laut yang membentang menghubungkan hampir seluruh dunia. Hal itu diketahui dari jurnal berjudul "A Victorian Ecological Disaster: Imperialism, the Telegraph, and Gutta Percha" karya John Tully dari University of Hawaii Press.

Penggunaan Gutta Percha meningkat drastis pada awal abad 20. Sebanyak 88 juta kilogram Gutta Percha digunakan sebagai pelapis kabel bawah laut yang membentang sepanjang 200 ribu mil ke seluruh dunia.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.