Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Menparekraf Uji Coba 20 Tempat Wisata, akan Dievaluasi Tiap Pekan

Kompas.tv - 14 September 2021, 15:03 WIB
menparekraf-uji-coba-20-tempat-wisata-akan-dievaluasi-tiap-pekan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno. (Sumber: Dok. Kemenparekraf)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah mengumumkan 20 tempat wisata di Pulau Jawa akan diuji coba untuk kembali dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. Uji coba akan berlangsung selama sepekan dengan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno menyebutkan beberapa dari 20 taman wisata/tempat rekreasi yang diuji coba pekan ini, yaitu;

  • Taman Impian Jaya Ancol,
  • Kampung Budaya Betawi Setu Babakan (DKI Jakarta),
  • Taman Safari Indonesia (Jawa Barat), dan
  • Jatim Park 2 (Jawa Timur).

Adapun untuk 20 tempat wisata itu, dinilai telah memenuhi kriteria, seperti sudah mengantongi sertifikat kebersihan, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan (CHSE) dan seluruh karyawannya telah ikut vaksinasi Covid-19. Selain itu, wisata-wisata tersebut juga terpilih melalui evaluasi berbasis data.

Dievaluasi

Setelah sepekan uji coba, pembukaan tempat wisata akan dievaluasi. Seandainya keadaan dinilai kondusif, maka jumlah tempat rekreasi yang diuji coba akan ditambah lagi.

Sandiaga berharap masyarakat juga tidak euforia dan ikut membantu penerapan protokol kesehatan. Tentunya, pembukaan destinasi wisata ini dilakukan secara bertahap. Misalnya, 25 persen dari total kapasitas.

Baca Juga: Sandi Tegaskan Tak Ada Diskriminasi pada Pembukaan 20 Tempat Wisata

“Jika uji coba ini menunjukkan hasil yang baik, persentase ini dapat kami tingkatkan sehingga bersifat situasional dan kami mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19,” ujar Sandiaga dalam konferensi pers mingguan, Senin (13/9/2021).

Penerapan uji coba ini tidak serentak langsung di seluruh tempat wisata/rekreasi, tetapi melihat kesiapan masing-masing.

Sejauh ini, jumlah pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif terdaftar atau memperoleh perangkat pemindai kode baca cepat aplikasi PeduliLindungi sebanyak 2.264 pelaku usaha. Jumlah ini sudah termasuk pengelola tempat wisata di DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Di samping itu, Sandiaga menyebutkan empat bahan evaluasi uji coba yaitu,

Pertama, cara pengelola taman wisata/tempat rekreasi menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin kepada pengunjung. Kedua, cara pengelola menentukan titik kritis atau potensi pelanggaran protokol kesehatan/potensi penularan.

Ketiga, cara pengelola menentukan durasi aktivitas, mengatur jarak antarpengunjung, dan kegiatan yang berpotensi mengharuskan orang menyentuh benda yang disentuh orang lain. Dan keempat, penerapan aplikasi PeduliLindungi dan pengelola menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang berkoordinasi dengan satgas pemerintah daerah.

Baca Juga: Pemerintah Uji Coba Pembukaan Kembali 20 Tempat Wisata, Ancol Mulai Beroperasi Hari Ini

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.